PDI Perjuangan tetapkan calon wali kota Lubuklinggau

id pdi p, cawako

PDI Perjuangan tetapkan calon wali kota Lubuklinggau

PDI Perjuangan (FOTO ANTARA/12)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PDI Perjuangan dalam waktu dekat akan menetapkan bakal calon Wali Kota Lubuklinggau yang diusung dari partai itu pada pemilihan kepala daerah tersebut, Oktober mendatang.

"Kami akan menetapkan sebelum pendaftaran calon wali kota/wakil wali kota di Komisi Pemilihan Umum kota setempat," kata Wakil Ketua Bidang Inforkom Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Sumsel Yudha Rinaldi di Palembang, Jumat.

Kalau dari kader partai tersebut, Darmadi Djufri memang sudah mensosialisasikan diri sebagai calon Wali Kota Lubuklinggau pada Pilkada mendatang, dan mereka akan mendorongnya.

Untuk menentukan calon kepala daerah itu partai tersebut mengusulkan kemudian rekomendasinya dari DPP, katanya.

Mengenai apakah penetapan calon itu terlambat dibandingkan dengan calon dari partai lainnya karena menjelang pemilihan, ia mengatakan, kalau yang bersangkutan sudah melakukan sosialisasi pencalonannya.

"Yang pasti rekomendasi untuk calon itu akan dikeluarkan sebelum pendaftaran di KPU dibuka. Saya pikir tidak terlambat, karena calon bersangkutan sudah sosialisasi," ujarnya.

Pencalonan itu sendiri dalam artian berkoalisi, kalau memang kursi tidak cukup untuk mengusung calon, katanya.

Jadi, dalam mengusung calon kepala daerah dari partai itu mempunyai mekanisme internal, dan juga dilakukan survei internal siapa saja dari kader partai yang pantas untuk dicalonkan.

Prinsipnya dilihat dahulu, kalau peluang nomor satu harus berkoalisi mengiringi nomor dua, maka itu yang akan dilakukan partai tersebut.

"Pada saatnya, kami akan melihat dari dua atau tiga orang calon itu berdasarkan hasil survei, kalau memang lebih memungkinkan maju sebagai kepala daerah, maka itu akan dilakukan," ujarnya. (ANT/KR-Sus)