Omzet pempek Palembang Rp1 triliun per tahun

id pempek, omzet pempek palembang, walikota palembang, eddy santana

Omzet pempek Palembang Rp1 triliun per tahun

Ilustrasi - Pembeli pempek (foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Omzet penjualan pempek di Kota Palembang, Sumatera Selatan, setiap tahun mencapai Rp1 triliun.

"Angka tersebut tentunya sangat luar biasa dan menjadi bukti perekonomian sektor riil  di daerah itu berkembang pesat," kata Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra,  usai menyerahkan penghargaan kepada pelaku usaha hotel, restoran dan biro perjalanan,  Jumat (6/7)

Menurut dia, perkembangan usaha tersebut tentunya erat kaitannya dengan meningkatnya aktivitas perekonomian di daerah itu.

Maraknya beroperasi hotel dan restoran menjadi faktor penting dalam mendorong tumbuhnya ekonomi krearif di daerah itu.

Ia  mengatakan, perhitungan omzet tersebut baru dari penjualan pempek yang menjadi makanan khas ibukota Bumi Sriwijaya.

Sedangkan produk olahan lainnya baik berupa makanan maupun tekstil juga terus berkembang.

Dia menjelaskan, pemkot tentunya akan berupaya optimal mendorong pertumbuhan ekonomi sektor ril tersebut dengan melaksanakan berbagai program menarik wisatawan datang ke kota pempek.

Saat ini, Palembang telah menjadi salah satu tujuan melaksanakan berbagai kegiatan baik nasional maupun internasional.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Sumatera Selatan, Erlan menambahkan, hotel dan restoran di kota pempek memang tidak pernah sepi selalu penuh.

"Hampir setiap waktu Palembang dipenuhi pengunjung yang datang melakukan berbagai aktivitas terutama kegiatan bisnis," kata dia.

Dia menjelaskan, saat ini terdapat 118 hotel yang beroperasi di kota pempek.

Dalam waktu dekat akan beroperasi lima hotel lagi sehingga industri jasa perhotelan akan semakin berkembang yang akan berdampak pada semua sektor terutama ekonomi ril yang memproduksi berbagai makanan dan kain khas di daerah ini. (Nila)