Sayuran jenis buncis harganya naik tajam

id buncis, sayuran buncis, sayuran buncis menjelang lebaran harganya naik tajam

Sayuran jenis buncis harganya naik tajam

Buncis termasuk jenis sayuran lainnya jelang lebaran harganya naik signifikan (FOTO ANTARA)

....Sayuran jenis buncis merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan harga cukup tajam menjelang lebaran....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Harga buncis yang dipatok pedagang pada sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Jumat atau  menjelang lebaran tercatat Rp15.000 per kilogram, atau naik signifikan dibandingan sehari sebelumnya hanya Rp10.000 per kilogram.

"Buncis yang sangat terasa kenaikkannya dibandingkan sayuran lain karena dua hari menjelang lebaran mengalami lonjakan hingga tiga kali lipat dari harga normal," kata Darmi, pedagang sayuran di Pasar Perumnas.

Buncis dengan harga tinggi itu memiliki kualitas baik, sehingga tetap diburu pembeli meski harganya mahal.

Sejak dua hari terakhir, ia menjual buncis sekitar 70-90 kilogram, sementara pada hari biasa hanya 25-30 kilogram.

"Warga ingin membuat menu masakan khas lebaran seperti sambal buncis, sayur buncis berkuah santan sehingga permintaan menjadi berlipat, yang berdampak harga jadi naik," ujarnya.

Pantauan di pasar itu, terdapat sejumlah pedagang yang menjual buncis berkualitas sedang dengan harga Rp8.000 hingga Rp10.000 dan kualitas bagus kisaran Rp15 ribu per kg.

"Meski ukurannya kecil dan terkadang sudah tidak utuh atau patah, tetap saja dicari pembeli karena harganya murah. Kami pun mau menjual karena memang ada peminat dan agen menyediakan," ujarnya.

Ani, salah seorang ibu rumah tangga mengatakan telah mensiasati kenaikan harga buncis itu dengan membeli pada satu pekan sebelum lebaran.

"Saat harga masih Rp5000 atau Rp6000 per kilogram, sebaiknya ibu-ibu membeli dan menyimpan di lemari pendingin. Jika membeli pada satu atau dua hari menjelang lebaran pasti harga sudah melambung," katanya.

Sayuran jenis buncis itu disimpan di lemari pendingin dengan cara dibungkus koran terlebih dahulu sebelum dimasukkan plastik.

"Jika disimpan dengan baik maka kondisinya tetap segar ketika akan dimasak," ujarnya.

Sementara, Kepala Disperindag Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan jenis sayuran buncis merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang mengalami kenaikan harga cukup tajam menjelang lebaran.

"Kenaikan harga sayuran ini karena beberapa titik distribusi tidak sanggup untuk memenuhi lonjakan permintaan menjelang lebaran," ujarnya.(Dolly)