Ternyata banyak guru belum bersertifikasi

id sertifikasi guru, banyak guru di sumsel belum sertifikasi

Ternyata banyak guru belum bersertifikasi

Banyak guru di Sumatera Selatan belum ikut sertifikasi (FOTO ANTARA)

....Dari 109 ribu lebih guru mengajar mulai tingkat sekolah dasar hingga SMU di Sumsel, baru sekitar 17 ribu yang telah ikut sertifikasi....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Guru di Sumatera Selatan yang mengajar mulai tingkat sekolah dasar hingga SMU hingga saat ini masih banyak belum mengikuti sertifikasi, karena berbagai alasan dan kendala dihadapi, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Ade Karyana.

Dari 109 ribu lebih guru mengajar mulai tingkat sekolah dasar hingga SMU di Sumsel, baru sekitar 17 ribu yang telah ikut sertifikasi, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel itu kepada wartawan di Palembang, Rabu.

Lebih lanjut dia mengatakan, sementara sisanya akan dilaksanakan secara bertahap, sehingga nantinya semuanya sudah mengikuti sertifikasi.

Selain ikut sertifikasi, para guru tersebut juga melaksanakan uji kompetensi, ujar dia.

Namun dalam uji kompetensi itu nilainya masih rendah yang kebanyakan masih di bawah 50.

Dia mengatakan, rendanya nilai guru tersebut bukan hanya terjadi di Sumsel, tetapi hampir di seluruh daerah.

Rendahnya nilai tersebut antara lain disebabkan karena minimnya sarana pendukung terutama guru yang bertugas mengajar di daerah.

Guru kebanyakan belum memahami komputer sehingg dalam menggali berbagai ilmu pengetahuan mereka masih minim, kata dia.

Untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya rutin melaksanakan pelatihan dengan beberapa tahapan termasuk pelatihan komputerisasi, kata dia.

Dengan dilaksanakan program tersebut diharapkan guru di daerah ini semakin berkualitas seperti yang diharapkan bersama, ujar dia.(U005)