Harga ikan tenggiri naik jelang imlek

id pedagang ikan, harga ikan tenggiri naik, jelang imlek ikan tenggiri naik

Harga ikan tenggiri naik jelang imlek

Pedagang ikan tenggiri di Pasar Cinde Palembang (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/I016)

Palembang,  (ANTARA Sumsel) - Menjelang Tahun Baru Imlek harga ikan tenggiri sebagai bahan baku makanan pempek disejumlah pasar tradisional di Palembang, Senin, mulai bergerak naik seiring meningkatnya pesanan ikan laut tersebut.

Harga normal tenggiri giling sebelumnya berkisar Rp80.000 per Kg naik menjadi Rp 110.000 per Kg, sementara tenggiri potong menjadi Rp80.000 dari harga normal Rp70.000 Kg.  

Kenaikan ini menurut salah satu pedagang ikan tenggiri, Ujang di pasar Cinde Palembang memang biasa terjadi kenaikkan saat menjelang perayaan imlek.

 "Lebaran atau hari raya juga naik tapi tidak setinggi saat imlek," tukas dia.

Kebanyakan warga keturunan Tiong Hoa di Palembang memilih tenggiri  dibanding gabus atau jenis ikan lainnya yang biasa digunakan sebagai bahan baku pempek.

"Ikan tenggiri itu lebih gurih dan rasanya khas dibanding ikan lain." ujarnya.

Kenaikan harga itu diprediksinya akan turun kembali setelah beberapa minggu perayaan imlek dan permintaan tenggiri giling mulai menurun.

Musim hujan pun dinlainya turut andil dalam kenaikan harga tenggiri ini, sebab air sedang pasang dan seringkali ikan sulit ditangkap, katanya.

Ikan tenggiri tersebut ia datangkan dari Lampung karena Palembang yang berada di tengah dataran tidak menghasilkan ikan laut.

"Jadi sangat wajar bila harga tenggiri yang kebetulan dari segi rasa gurih lebih mahal dari ikan sungai
lokal," tuturnya.

Sementara untuk beberapa bahan baku ikan seperti gabus dan parang-parang giling saat ini masih stabil yakni berkisar Rp25.000 per Kg, sedangkan ikan gabus Rp 80.000 per Kg.

Namun, sejumlah pedagang ikan gabus giling sempat mengeluh sulitnya mendapatkan stok ikan gabus karena musim hujan.

"Karena sulit pada Minggu (27/1) sempat dinaikkan tapi sekarang sudah normal kembali," terang Andi salah satu pedagang ikan gabus giling.  (FN)