Bunga bangkai Indonesia dikirim ke Korea Selatan

id bunga bangkai

Bunga bangkai Indonesia dikirim ke Korea Selatan

Bunga Bangkai (FOTO ANTARA)

Bogor (ANTARA Sumsel) - Bunga Bangkai (amorphopalus titanum), salah satu koleksi langka milik Kebun Raya Bogor, akan dikirim ke Korea Selatan untuk diikutkan dalam Pameran Hortikultura Internasional.

"Ini untuk pertama kalinya Bunga Bangkai diikutsertakan dalam pameran internasional di luar negeri," kata Kepala Bagian Humas Kebun Raya Bogor Sofie Mursidawati saat ditemui di Kebun Raya Bogor, Rabu.

Sofie menyebutkan, bunga bangkai tersebut baru mekar pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB di kebun koleksi Kebun Raya Bogor.

Bunga tersebut memiliki ukuran cukup besar, tinggi 222 centimeter dan lebar 75 centimeter.

Menurut Sofie, Bunga Bangkai tersebut memang sudah disiapkan sejak setahun lalu untuk diikutkan dalam pameran di Korea Selatan.

"Tujuan kegiatan ini ada dua, satu dilihat dari sektor pariwisata memperkenalkan Indonesia melalui biodiversitasnya," kata Sofie.

Tujuan lainnya, lanjut Sofie, untuk keperluan riset khususnya dalam bidang pengawetan tanaman berukuran besar seperti Bunga Bangkai.

Sebelum dibawa, lanjut Sofie, Bunga Bangkai akan diawetkan oleh tim pameran dari Korea Selatan.  Pengawetan tersebut memerlukan waktu cukup lama, karena ukurannya yang besar.

Menurut Sofie, ini untuk pertama kalinya Kebun Raya Bogor dipilih mewakili Indonesia dalam pameran "International Horticulture" yang diikuti oleh 33 negara.

Diikutkannya Bunga Bangkai dalam pameran ini juga merupakan yang pertama kalinya.  "Masyarakat Korea Selatan memang dikenal sangat ingin menjadi yang pertama dalam memamerkan hal yang baru. Maka itu, mereka mengundang kita untuk hadir mengisi paviliun Indonesia," katanya.

Bunga Bangkai akan diikutkan dalam pameran yang akan diselenggarakan pada 27 April hingga 2 Mei 2013.

Selain promosi pariwisata, lanjut Sofie, dari segi riset yakni teknologi pengawetan bunga terbagus hanya dimiliki oleh negara-negara seperti Korea.

"Selama ini Kebun Raya hanya bisa mengawetkan bunga jenis ukuran kecil. Belum pernah bisa dalam ukuran besar atau sebesar bunga bangkai ini," katanya.

Setelah pameran nanti, lanjut sofie, Bunga Bangkai itu akan dipulangkan lagi ke Indonesia.

Bunga awetan tersebut akan menjadi koleksi Kebun Raya Bogor dalam bentuk awetan tiga dimensi.

"Selama ini pengunjung melihat Bunga Bangkai terbatas, pada saat mekar saja. Dengan adanya koleksi ini, bisa melihat secara utuh dan langsung di Kebun Raya," katanya.

Sofie menambahkan, fenomena Bunga Bangkai yang banyak dikagumi masyarakat dunia diharapkan mampu mendorong target pengunjung pameran tersebut sebanyak satu juta orang.