Harga bawang putih di Jambi mulai normal

id harga bawang, bawang putih, normal

Harga bawang putih di Jambi mulai normal

Bawang putih (FOTO ANTARA)

...Harga bawang putih sudah turun jauh dibanding sebulan lalu yang sempat dijual seharga Rp60.000 per kilogram...
Jambi (ANTARA Sumsel) - Harga bawang putih di Kabupaten Batanghari, Jambi, yang beberapa waktu lalu sempat mencapai Rp60.000 per kilogram, kini mulai normal berada di Rp28.000 per kilogram.
         
Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop) Kabupaten Batanghari Suparno ketika ditanya di Batanghari, Minggu, mengatakan, harga bawang putih sudah turun jauh dibanding sebulan lalu yang sempat dijual seharga Rp60.000 per kilogram.
         
"Harga bawang putih di sejumlah pasar di Batanghari saat ini Rp28.000 per kilogram, diperkirakan akan terus turun karena pasokan mulai lancar. Namun harga bawang merah masih tinggi, yaitu Rp50.000 per kilogram," katanya.
         
Ia mengatakan, saat ini harga bawang merah sudah mengalahkan harga bawang putih, dimana seminggu sebelumnya, harga bawang putih yang jauh meninggalkan harga bawang merah, seperti di Pasar Kramat Tinggi Kota Muara Bulian.
         
Dari hasil survei Diperindagkop di sejumlah pasar dalam minggu ini, harga harga bawang merah lebih tinggi dibanding harga bawang putih.
         
Diduga penyebab melonjaknya harga bawang merah akibat ulah spekulan, dimana ketika pemerintah secara nasional telah menekan penjualan harga bawang putih, kini mereka memainkan harga bawang merah.
         
"Modus yang digunakan tidak lain memainkan distribusi bawang ke pasar-pasar, agar mengalami kelangkaan dan mendorong naiknya harga jual," kata Suparno.
         
Menurunya harga bawang juga akibat mulai dibukanya impor bawang, sehingga pasokan komoditas itu mulai lancar.
         
Sebenarnya, kata dia, bawang merah merupakan produk lokal dan pendistribusinya masih dikuasai oleh pasar, sehingga sulit untuk dikontrol dan pasokannya juga belum normal sejak terpengaruh lonjakan harga bawang putih beberapa waktu lalu.
         
Sementara itu, di Pasar Kramat Tinggi, salah seorang pedagang bawang Lina mengatakan bahwa harga bawang merah kini lebih tinggi dari harga bawang putih.
         
Bahkan pada penjualan pekan ini harganya sudah mencapai Rp60.000 per kilogram.
         
Bawang yang masuk ke Pasar Kramat Tinggi sendiri dikatakannya berasal dari Thailand, sementara pembeli lebih suka mencari bawang produksi lokal, terutama dari Jawa.
         
Menipisnya stok bawang merah lokal tersebut membuat harga terus merangkak naik, sehingga kedua jenis bawang merah, bawang lokal dan Thailand sama-sama tinggi, tambahnya.
         
Sementara itu, dari pantauan, harga bawang merah di pasar tradisional Angso Duo, Kota Jambi, dijual seharga Rp48.000, sementara harga bawang putih Rp28.000 per kilogram.