PLTG Jakabaring Palembang diresmikan

id pltg, pltg jakabaring

PLTG Jakabaring Palembang diresmikan

Kepala proyek PLTG CNG Jakabaring Johand Dimalouw (kiri) menjelaskan teknis kerja PLTG CNG Jakabaring kepada Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin (dua kiri) saat meninjau PLTG Jakabaring Palembang yang baru ia resmikan, Senin (15/4). (Foto Antara

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Gas melalui Compressed Natural Gas (CNG) atau gas tersimpan Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan diresmikan.

Peresmian pemakain gas yang tersimpan dengan kapasitas 3 X MW itu dilaksanakan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Senin.

Gubernur usai peresmian kepada wartawan mengatakan, pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) itu untuk mengantisipasi bila terjadi kekurangan pasokan listrik pada beban pucak.

Jadi PLTG Jakabaring itu akan diopersikan mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Oleh karena itu gas yang disimpan selanjutnya diolah cukup berguna terutama dalam mengatasi kebutuhan listrik di Kota Palembang.

Menurut dia, memang PLTG Jakabaring ini bertujuan untuk mengantisipasi saat beban puncak tersebut. Namun gas tersebut juga akan dimanfaatkan untuk menerangi kawasan Jabakaring Palembang.

Dirut PT PLN Nur Pamuji kepada wartawan mengatakan, Sumsel pertama yang mengoperasikan gas disimpan selanjutnya dikirim ke PLN, kemudian disalurkan kepada masyarakat melalui penerangan listrik.

Setelah Sumsel dalam waktu dekat ini juga akan diresmikan CNG di Jambi. Gas disalurkan  dari bahan alam di Sumsel potensinya cukup besar.

Memang, kata dia, Sumsel yang pertama menafaatkan gas yang disimpan  selanjutnya provinsi lainnya menyusul akan diresmikan.

Bahkan, Sumsel juga pertama menggunakan bahan bakar gas mobil untuk kendaraan umum, katanya.