Jumat, 22 September 2017

Ikatan Pelajar Muhammadiyah tolak Ujian Nasional

id IPM, IPM Muhammadiyah
Ikatan Pelajar Muhammadiyah tolak Ujian Nasional
Puluhan aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumatera Selatan berunjuk rasa menolak ujian nasional di Bundaran AIr Mancur Depan Masjid Agung Palembang, Kamis (18/4). (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi)
Ujian nasional (UN) hanya menjadi proyek dan merugikan pelajar karena dipaksa mengikuti kebijakan yang tidak bisa menjadi parameter kecerdasan......
Palembang (ANTARA Sumsel) - Puluhan aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sumatera Selatan menolak ujian nasional karena tidak bisa menjadi tolok ukur kualitas pendidikan.

"Ujian nasional (UN) hanya menjadi proyek dan merugikan pelajar karena dipaksa mengikuti kebijakan yang tidak bisa menjadi parameter kecerdasan," kata Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Sumsel Arman Darmawan ketika berorasi pada aksi damai di Bundaran Air Mancur Palembang, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan ujian nasional tahun ini merupakan bukti ketidakberhasilan penyelenggara pendidikan akibat banyaknya masalah seperti penundaan UN di 11 provinsi.

Penundaan UN bagi pelajar SMA di kawasan Indonesia bagian tengah itu menjadi preseden buruk bagi pelaksanaan ujian akhir tersebut.

Ia mengatakan, IPM secara nasional menolak pelaksanaan UN dan menuntut pemerintah menghapuskan ujian tersebut mulai tahun depan.

Penghapusan UN menjadi tuntutan IPM secara nasional yang akan terus diperjuangan.

Menurut dia, bukan hanya tidak bisa menjadi parameter kualitas pendidikan, tetapi UN juga merupakan ladang proyek bagi kementerian terkait.

"Apalagi, alokasi dana yang luar biasa besar, tidak transparan penggunaannya, dan tidak sesuai dengan fasilitas UN yang diberikan kepada peserta," katanya.

Aksi puluhan siswa menolak penghapusan UN itu juga diwarnai dengan aksi teaterikal yang menggambarkan pemerintah menjadikan siswa sebagai sapi perah.

Pengunjuk rasa juga membawa kursi dan mereka belajar di tengah jalan titik nol Kota Palembang.

Spanduk berukuran besar dengan tulisan tolak UN juga mereka bentangkan dan bendera merah putih ukuran raksasa juga mewarnai aksi damai tersebut

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga