Pembangunan jembatan layang Palembang segera dimulai

id edward jaya, dprd sumsel

Pembangunan jembatan layang Palembang segera dimulai

Ketua Komisi IV DPRD Sumsel Edward Jaya (Foto Antarasumsel.com/Humas DPRD Sumsel/13)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan jembatan layang di Simpang Jakabaring Palembang segera dimulai, sehingga diharapkan bisa selesai tepat waktu guna mengurangi kemacetan arus lalu lintas di daerah itu.

"Pembangunan Jembatan layang di Simpang Jakabaring pada awal Mei nanti memasuki tahapan pengerjaan," kata Ketua Komisi IV DPRD Sumatera Selatan Edward Jaya di Palembang, Jumat.

Menurut dia, tahapan penandatanganan kontrak pembangunan jembatan layang di Simpang Jakabaring itu sudah dilakukan dengan total anggaran sebesar Rp90 miliar berasal dari APBD Sumatera Selatan.

"Penandatanganan kontraknya sudah dan saya minta dipercepat sehingga bisa dikerjakan pada awal Mei ini dengan waktu pelaksanaan selama enam bulan," katanya.

Ia mengatakan, mengenai pembebasan lahan tidak ada masalah lagi, karena semua lahan milik warga yang akan terkena proyek pembangunan jembatan layang ini sudah selesai pembebasannya.

"Lahan sudah diselesaikan termasuk utilitas, jadi tidak ada masalah lagi sehingga jembatan layang itu sudah siap dibangun," tutur politisi Partai Golkar tersebut.

Jadi, pada Mei nanti sudah mulai pengerjaan pembangunan jembatan layang tersebut dengan harapan segera rampung, dan bisa mengurangi kemacetan di jalur itu.

Sementara untuk pembangunan jalan terowongan atau underpass di Simpang Patal Palembang dananya berasal dari APBN, katanya tanpa menyebut besaran anggaran dimaksud.

Pantauan Antara di Simpang Jakabaring Palembang itu selalu terjadi kemacetan terutama pada jam-jam sibuk berangkat kerja dan sekolah, begitu pula pada jam pulang kerja.

Hal yang sama juga terjadi di Simpang Patal Palembang selalu terjadi kemacetan, karena itu sangat diperlukan jalan terowongan.