Pelukis Jambi ikut pameran di Galeri Nasional Jakarta

id pelukis, jambi, pameran , galeri nasional

Pelukis Jambi ikut pameran di Galeri Nasional Jakarta

Ilustrasi - Pameran Lukisan (Foto antarasumsel.com/Nila)

...Benar lukisan berjudul Karma dinyatakan kurator Galnas lolos seleksi karena itu lukisan ini akan dipamerkan di Jakarta pada 7-25 Mei mendatang...
Jambi (ANTARA Sumsel) - Lukisan berjudul "Karma", karya pelukis dari daerah Merlung, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, dinyatakan lolos seleksi untuk ikut pameran karya nasional di Galeri Nasional Jakarta.
         
"Benar lukisan berjudul Karma dinyatakan kurator Galnas lolos seleksi karena itu lukisan ini akan dipamerkan di Jakarta pada 7-25 Mei mendatang," kata Agus Sudarno, sang pelukis Karma di Jambi, Rabu.
         
Karya lukisan tersebut ikut seleksi yang dilakukan para kurator Galnas dalam rangka persiapan Pameran Nusantara 2013 yang merupakan program tetap dwi tahunan Galnas.
         
Ada 800 karya dari pelukis seluruh daerah di Tanah Air yang mengikuti  seleksi, dan yang dinyatakan lolos hanya 83 karya, salah satunya lukisan Karma.
         
Keberhasilan karya Agus menembus kurasi agenda pameran nasional Galnas mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan masyarakat Jambi, baik seniman budayawan maupun tokoh lainnya.
         
Fauzi Z, salah seorang kurator senirupa Jambi menyatakan keberhasilan Agus menembus strata senirupa nasional tersebut adalah salah satu indikator pembangunan kesenian dan kebudayaan di Jambi terus berlangsung dan menunjukkan hasil meskipun Jambi tidak memiliki lembaga pendidikan formal khusus seni semisal ASKI, STSI atau lainnya seperti daerah lain.
         
"Ini adalah kebanggaan dunia senirupa Jambi, Agus dengan karyanya Karma telah turut menjaga tradisi keikutsertaan Jambi di ajang bertaraf nasional selaku barometer dunia lukis Tanah Air tersebut," kata Fauzi.
         
Ia mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya pada ajang serupa tercatat telah ada enam pelukis Jambi yang telah lolos mengikuti pameran di Galnas tersebut di antaranya Jafar Rassuh, Fauzi Z, Azhar MJ, Kaimah, Syahrial, Edi Dharma.