Perajin OKI Sumsel studi banding ke Yogyakarta

id pengrajin, pengrajin oki

Perajin OKI Sumsel studi banding ke Yogyakarta

Pegrajin kain tajung (FOTO Antarasumsel.com/Feny)

Yogyakarta (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 24 perajin dan pelaku usaha ekonomi kreatif dari Kabupaten Ogan Komiring Ilir, Sumatera Selatan, melakukan studi banding ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kedatangan mereka ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis, dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ogan Komiring Ilir (OKI) Nurmalia.

Dalam kunjungannya ke Kantor Dinas Pariwisata DIY, mereka  diterima Kepala Dinas Tazbir Abdullah.

Pada kesempatan itu Tazbir mengatakan, selama ini produk kerajinan DIY banyak diakui kualitasnya oleh wisatawan. Bahkan produk kerajinan yang ada di Bali, 60 persen di antaranya berasal dari DIY.

"Produk kerajinan dan pelaku usaha ekonomi kreatif DIY memang sudah diakui di lingkup nasional. Hal ini juga tidak lepas dari pelatihan dan iklim investasi, khususnya sektor kerajinan usaha kecil menengah (UKM) yang baik di DIY," kata dia, yang juga pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) DIY.

Menurut dia, beberapa sektor unggulan kerajinan dan UKM di DIY antara lain produk kerajinan mendong dan pandan, serta bahan alami lain di Sentolo, Kabupaten Kulon Progo.

Sedangkan kerajinan Gerabah, DIY memiliki sentra kerajinan di Kasongan, Kabupaten Bantul, yang sangat terkenal hingga mancanegara.

Sementara untuk UKM kerajinan batik alami, bisa dijumpai di Imogiri, Bantul.

"Kualitas produk kerajinan dan UKM DIY juga menjadi percontohan tingkat nasional," kata Tazbir.

Sementara itu, Kadinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI Nurmalia berharap dari kunjungan ini bisa memberi pengalaman dan bekal pelatihan bagi para perajin maupun pelaku usaha UKM di daerahnya.

Kabupaten OKI sendiri, menurut dia, memiliki potensi produk kerajinan, namun sampai saat ini masih belum berkembang, karena  kurangnya inovasi, dan kesempatan mengikuti berbagai pameran lokal maupun nasional.

"Produk kerajinan anyaman purun, kerupuk kemplang, maupun susu kerbau gulapom termasuk beberapa kerajinan asli OKI. Untuk potensi pariwisata, Kabupater OKI memiliki Danau Teluk Gelam, rumah adat  seratus tiang," katanya.

Selama di DIY, rombongan perajin dan pelaku usaha UKM Kabupaten OKI mengunjungi beberapa sentra produk kerajinan di Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Kasongan dan Imogiri di Kabupaten Bantul.