DiCaprio, Luhrmann kembali tampilkan kilau legenda Gatsby

id Leonardo DiCaprio

DiCaprio, Luhrmann kembali tampilkan kilau legenda Gatsby

Leonardo DiCaprio (Foto ANTARA/Reuters/Mario Anzuoni)

New York (ANTARA/CNA/AFP) - "The Great Gatsby" adalah film klasik Amerika. Tetapi itu tidak menghentikan sutradara Australia Baz Luhrmann dari membawakan gaya khasnya untuk menuturkan kisah itu, yang diatur untuk menjadi satu soundtrack provokatif modern.

Dengan Leonardo DiCaprio tampil dalam peran judul tersebut, film itu menggambarkan glamor dan energi liar  Gemuruh Tahun 1920-an Amerika, sementara juga membangkitkan "rongga" perasaan di jantung novel era 1925 F. Scott Fitzgerald itu.

Legenda Bollywood Amitabh Bachchan juga memainkan peran kecil dalam film ini, sebagai tokoh bayangan kejahatan terorganisir yang membantu jutawan misterius  Jay Gatsby menggunakan uangnya.

Gatsby telah mempesona generasi pembuat film seperti peraih Oscar 1974 yang diadaptasi oleh Jack Clayton, dengan Robert Redford dan Mia Farrow sebagai peran utama.

Luhrmann, sutradara r "Strictly Ballroom" (1992), "Romeo dan Juliet" (1996), "Moulin Rouge!" (2001) dan  "Australia" (2008), memilih DiCaprio untuk bermain sebagai  Gatsby dalam versi terbaru.

"Saya pikir semua orang memiliki semacam koneksi ke Gatsby," kata aktor 38 tahun menjelang rilis film itu di Amerika Serikat pada  Jumat, beberapa hari sebelum pembukaan  Festival Film Cannes ke-66 di selatan Prancis.

"Dia adalah karakter yang telah menciptakan dirinya sendiri sesuai dengan imajinasi dan mimpi-mimpinya sendiri dan telah mengangkat dirinya dari bawah sebagai seorang pemuda miskin di Midwest dan menciptakan gambaran Gatsby yang besar.

"Ini adalah cerita yang benar-benar Amerika dalam hal itu," kata DiCaprio, yang juga membintangi film itu dengan Tobey Maguire, Carey Mulligan dan Joel Edgerton.

Ia menghadiri pemutaran film di New York Plaza Hotel.

Dalam novel pendek, Fitzgerald menggunakan karakter Gatsby yang sangat kaya tetapi misterius untuk menggambarkan Amerika pada tahun 1920-an yang makmur, sebelum bayangan Depresi Besar mulai nampak.

"Inilah demokrasi ini muncul ketika  Amerika Serikat pada tahun 1920 dan ia ingin meniru Rockefeller pada era tersebut. Dan tentu saja ia menciptakan kekayaannya di dunia bawah, tetapi ini adalah lahan baru yaitu Amerika Serikat," kata DiCaprio.

Syuting  di Australia,  "The Great Gatsby" Luhrmann merupakan produksi mewah yang tampaknya mengikuti aturan Gatsby sendiri.

Seperti dalam beberapa film masa lalunya, Australia menggunakan musik anachronistically modern di periode potongan, di sini penonton akan menemukan tamu Gatsby untuk menari yaitu Jay-Z, Florence dan Machine, Fergie atau Nero.

Pembuat film menjelaskan bahwa ia menggunakan semacam lagu untuk "membebaskan" aktor pada set-set tertentu, terutama dalam adegan pesta seks.

Film diputar perdana pada akhir pekan ini di Amerika Serikat, dan di seluruh dunia pada pekan depan.