Batam terbaik se-Indonesia pemanfaatan Toga

id toga, tanaman obat, obat, kebun

Batam terbaik se-Indonesia pemanfaatan Toga

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Batam (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan pemanfaatan hasil tanaman obat keluarga (toga) di Kota Batam terbaik se-Indonesia dan meraih Prakarti Madya I dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam perayaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 di Kalimantan Selatan.

"Alhamdulillah, Batam mendapatkan prestasi tingkat nasional setelah tahun sebelumnya Batam menempati peringkat kedua untuk kategori Pemanfaatan Hasil Toga," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata di Batam, Jumat.

Ardi mengatakan bahwa keberhasilan itu merupakan buah kerja sama kader PKK dan seluruh masyarakat Batam, khususnya masyarakat Kelurahan Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk yang memaksimalkan pemanfaatan toga

Ia mengatakan bahwa pemanfaatan Toga dilakukan bukan hanya untuk meraih gelar nasional, melainkan juga dipraktekan karena memberikan manfaat yang pasti dalam kesehatan.

Sementara itu, Ketua Pengerak PKK Batam Mariana Dahlan mengimbau masyarakat setempat memanfaatkan halaman atau pekarangan rumahnya dengan menanam tanaman obat dan tanaman bermanfaat lainnya.

"Banyak manfaat yang bisa dapatkan dengan toga apabila ada anggota keluarga kita yang sakit dan secara tidak langsung kita telah beralih dari penggunaan obat kimiawi kepada obat-obatan tradisional," kata dia.

Selain itu, dia mengharapkan PKK Kota Batam dapat lebih berprestasi lagi dalam katagori lomba lainnya, seperti Tertib Administrasi PKK, Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, dan Pemanfaatan Halaman Pekarangan (HATINYA PKK).

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyampaikan perayaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) X 2013 dipadukan dengan HKG PKK ke-41 untuk meningkatkan kebersamaan, kepedulian, dan semangat tolong-menolong masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat serta untuk mencari solusi dari setiap permasalahan dalam membangun kesejahteraan keluarga.

Sebelum puncak BBGRM X dan HKG PKK ke-41 tahun 2013, pemerintah melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya pemberian bantuan ke empat provinsi, yaitu Banten, Sulawesi Tenggara, Aceh, dan Ternate Maluku Utara.

Lalu, acara bincang gotong royong, pelaksanaan gotong royong sebulan penuh di seluruh provinsi yang diikuti dengan kegiatan bedah lingkungan, bedah rumah, dan membersihkan sarana fasilitas umum desa dan kelurahan serta penilaian pelaksana gotong royong terbaik serta 10 program PKK di daerah.