Fotografer Lampung juara foto Pendidikan 2013

id fotografer, juara, lomba foto

Fotografer Lampung juara foto Pendidikan 2013

Ilustrasi - Lomba Foto (FOTO ANTARA)

...Foto yang menang berjudul "Mendaki Cita-cita" dibidik di kawasan pertambakan Wahyuni Mandira di Desa Bumi Pratama Mandira, Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel...
Bandarlampung (ANTARA Sumsel)  - Fotografer Lampung Christian Heru Cahyo Saputro meraih juara terbaik kedua kategori umum dalam Lomba Penulisan Artikel, Features, dan Foto Bidang Pendidikan 2013.  
   
Menurut Heru, di Bandarlampung, Rabu, Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PIH Kemendikbud) dalam pengumumannya belum lama ini telah menyampaikan informasi kemenangannya itu.
        
Foto karyanya yang berjudul "Mendaki Cita-cita" ini, menurut Heru, dibidik di kawasan pertambakan Wahyuni Mandira di Desa Bumi Pratama Mandira, Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan, beberapa waktu lalu.
        
Naluri fotografernya terusik ketika melihat seorang siswa sekolah dasar (SD) di sana dengan semangat tinggi mendorong sepedanya ke atas jembatan penyeberangan antarkanal yang relatif cukup tinggi.
        
"Saya membidik perjuangan bocah tersebut untuk menyeberangi jembatan itu beberapa kali. Saya berniat untuk menjadikan sebuah feature foto. Salah satunya saya kirimkan mengikuti lomba Kemendikbud itu, dan ternyata menang," ujar Heru pula.
        
Menurut dia, lomba tersebut digelar Kemendikbud dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2013 dengan "Membeli Masa Depan dengan Harga Sekarang" yang dipilih sebagai tema rangkaian lomba itu.
        
Dewan juri dalam lomba foto tersebut menempatkan A. Mei Harmawansah sebagai pemenang pertama untuk kategori umum dengan karyanya yang berjudul "Semangat Belajar".
        
Pemenang kedua adalah Christian Heru Cahyo Saputro dengan karya fotonya bertajuk "Mendaki Cita-cita", dan pemenag ketiga Yuniawan Setyono dengan fotonya bertajuk "Meningkatkan Psikomotorik Melalui Praktik."
   
Untuk lomba foto kategori wartawan, foto berjudul "Mengabaikan Keselamatan" karya Kurniawan Arie Wibowo dari Harian Joglo Semar dinilai dewan juri sebagai karya terbaik.
        
Selanjutnya, foto berjudul "Jembatan Rusak" karya Isra Triansyah dari Koran Sindo Palembang, dan "Latihan Ujian" karya Maulana Surya Tri Utama menjadi pemenang II dan III.
        
Lomba foto kategori pelajar dan mahasiswa, foto berjudul "Angkutan Sekolah di Kala Banjir" karya M. Hendartyo Hanggi W. sebagai pemenang pertama.
        
Pemenang kedua foto berjudul "Horee" karya Yasin Hidayat dan pemenang ketiga Imam Firmansyah dengan karyanya "Mengejar Pendidikan".
        
Dewan juri dalam lomba penulisan artikel menempatkan I Gusti Ketut Tribana (Bali Tribune) di urutan pertama dengan karya artikelnya "Menyelisik Pendekatan Tematik-Terintergrasi dalam Kurikulum 2013", disusul Lukman Hakim Husnan dengan artikelnya  "Dilahirkan dan Melahirkan Tradisi" (Kabar Sumatera), dan Gusnaldi (Singgalang) dengan karyanya "Memenangkan Masa Depan" di urutan kedua dan ketiga.
        
Lomba features, dewan juri menepatkan Heriyanto (Pontianak Pos) sebagai juara pertama dengan karyanya "Sekolah dari Karung Beras", sedangkan Ag. Tri Joko Her Riadi dari Pikiran Rakyat dengan karya featurenya "Pertaruhan Kurikulum 2013", dan M. Hilmi Setiawan dari Jawa Pos dengan karyanya "Keluar Masuk Pedalaman Hanya Ketemu Tiga Perajin" sebagai juara kedua dan ketiga.
        
Para pemenang lomba Penulisan Artikel, Features, dan Lomba Foto Bidang Pendidikan dan Kebudayaan itu akan diundang ke Jakarta untuk menerima Piala Mendikbud dan hadiah lainnya.
        
Para pemenang selanjutnya akan dihubungi oleh panitia untuk pemberitahuan waktu pelaksanaan penyerahan hadiah masing-masing.