Musirawas kembangkan komoditas gula aren

id aren, gula aren

Musirawas kembangkan komoditas gula aren

Gula aren (FOTO ANTARA)

Musirawas, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan  memprogramkan pengembangan tanaman aren di Kecamatan Selangit, untuk memprooduksi gula aren serta buah aren muda atau kolangkaling.

Selama ini produksi gula aren di wilayah itu sebagian besar dipasok dari Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, namun ke depan akan memproduksi sendiri, kata Kepala Dinas Pertanian Suharto melalui Kabid Program Tohirin, Minggu.

Ia mengatakan, pengembangan komoditas aren itu merupakan program Bupati Ridwan Mukti untuk meningkatkan keragaman budi daya pertanian, selain beras, jagung dan umbi-umbian.

Ditetapkannya wilayah Kecamatan Selangit menjadi sentra tanaman aren karena daerah itu berada dekat perbukitan dan merupakan kawasan hutan masyarakat.

Sekarang tanaman tahunan itu sedang diperkenalkan dengan masyarakat setempat dan diarahkan pengembangan tanaman aren, kemudian ditindak lanjuti bantuan bibit secara besar-besaran.

Sementara di kecamatan lainnya sudah dikembangkan sektor pertanian moderen untuk membuka peluang kerja dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.