Durian Padang dipasarkan di Palembang

id durian, buah durian

Durian Padang dipasarkan di Palembang

Pedagang buah durian musiman disepanjang kawasan jalan raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Minggu (28/7). (Foto Antarasumsel.com/13/Nila Fuadi/Aw)

Kayuagung, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Durian yang berasal dari Sumatera Barat atau biasa disebut duren Padang mulai dipasarkan di Palembang, seperti di Jalan Lintas Timur marak menawarkan buah dengan kulit berduri beraroma khas itu.

Ridho (39) penjualan durian di kawasan Kayuagung, Minggu mengatakan sejak beberapa pekan ini mereka menjual "duren Padang" yang didatangkan langsung dari Sumatera Barat.

Durian tersebut biasanya dibeli langsung oleh agen dari daerah itu yang kemudian didistribusikan kepada pedagang buah di Kayuagung, katanya.

Menurut dia, "duren Padang" tersebut dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp25.000 sampai Rp35.000 per buah.

Setiap hari setidaknya 30 buah durian terjual.

Ia mengatakan, terpaksa membeli durian asal daerah lain karena buah yang sama belum bisa dipetik di wilayah itu.

Karena itu, untuk tetap berjualan meskipun durian asli setempat belum panen, mereka membeli dari agen yang mengambil langsung ke Sumatera Barat.

Sementara durian juga mulai marak dijual di Palembang dan sekitarnya.

Harga durian cenderung masih tinggi karena biasanya jumlah buah tersebut masih terbatas.

Di Sumatera Selatan, Kabupaten Lahat dan Empat Lawan merupakan salah satu daerah penghasil durian terlegit.

Warga tidak hanya memanfaatkan buah durian dengan mengonsumsi langsung, tetapi dibuat menjadi penganan khas yaitu lempok yang pengolahannya mirip dodol hanya saja berupa campuran daging durian dan gula.