Dinkes Musirawas bayar gaji ratusan TKS

id dinkes, tks, bayar, honor

Dinkes Musirawas bayar gaji ratusan TKS

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, menjelang Idul Fitri 1434 Hijriah ini membayar honorarium ratusan tenaga kerja sukarela (TKS) setempat.

Dari sekitar 280 TKS yang dipekerjakan di puskesmas dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya, masih ada belasan orang yang honorariumnya belum dibayarkan karena terkendala masalah teknis, kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Musi Rawas Tjahyo Kuntjoro, Jumat.

Saat dihubungi di Musirawas, dijelaskan bahwa honor TKS yang bisa dicairkan itu rata-rata berpendidikan sekolah menengah atas (SMA). Namun sebagian belum bisa dibayarkan karena ada kesalahan teknis terkait transfer uangnya. Hal itu diharapkan bisa diselesaikan sebelum lebaran.

"Honor mareka pasti dibayar karena itu adalah haknya, namun kini masih terkendala masalah teknis sehingga pencairannya tertunda," kata Tjahyo menandaskan.

Pihaknya tak punya niat untuk menghalang-halangi pembayaran honor TKS itu, namun benar-benar terkendala masalah teknis sehingga pencairannya tertunda dan tidak ada dana cadangan untuk menalanginya.

"Kami mengharapkan para TKS yang belum dibayar itu bersabar, apalagi mereka sudah kita kumpulkan dan diberitahukan mengapa pembayaran honorarium mereka tertunda," jelasnya.

Seorang TKS, Murtini, membenarkan bahwa honornya yang sangat diharapkan untuk berlebaran itu belum dibayar, sedangkan untuk ratusan rekan-rekannya sudah dapat dinikmati.

"Mudah-mudahan honor kami bisa cepat dibayar, apalagi sekarang sudah masuk tiga bulan," keluhnya.

Ia mengakui, tenaga kerja sukarela honornya memang tidak dianggarkan di dalam APBD, tetapi setidaknya ada kebijakan terbaik dari kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk membayar karena per bulan hanya Rp500 ribu, ujarnya.