Belasan ribu pemudik Jambi ke Jawa

id pemudik, jambi, pulau jawa, terminal, bus

Belasan ribu pemudik Jambi ke Jawa

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

...80 persen di antaranya adalah pemudik tujuan Pulau Jawa, selebihnya adalah pemudik dari provinsi lain...
Jambi (ANTARA Sumsel) - Kepala Terminal Alam Barajo, Jambi, Alfian, mengatakan, hingga saat ini jumlah pemudik yang berangkat ke Pulau Jawa dari terminal tersebut sudah mencapai 18 ribu orang.
         
Menurut Alfian, Minggu (4/8), kondisi arus mudik jauh meningkat dari hari sebelumnya, dan diperkirakan H-4 ini merupakan puncaknya.
         
"Jumlah pemudik yang bertolak dari Jambi saat ini sudah lebih dari 18 ribuan orang atau 70 persen. Tahun ini pemudik diperkirakan lebih 20 ribuan orang," kata Alfian, Minggu (4/8) di Jambi.
         
Dikatakan bahwa aktivitas pemudik pada tahun ini diperkirakan sampai H-1 lebaran, namun pada H-1 itu pemudiknya bukan dari daerah yang jauh seperti Pulau Jawa, namun hanya daerah sekitar Provinsi Jambi seperti Palembang, Pekan Baru, Lampung dan sekitarnya.
         
"Ada, tapi sedikit. Sebab kalau mereka berangkat H-2 atau H-1 lebaran, sudah dipastikan sampai ke Jawa habis lebaran," sebutnya.
         
Dari ribuan pemudik, 80 persen di antaranya adalah pemudik tujuan Pulau Jawa, selebihnya adalah pemudik dari provinsi lain.
         
Dia menyebut, diperkirakan jumlah arus mudik pada tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Peningkatan itu diperkirakan 10 hingga 12 persen.
         
Peningkatan tersebut dimungkinkan imbas dari kenaikan harga BBM, sebab jika menggunakan kendaraan pribadi, ongkosnya juga hampir lebih kurang sama saja.
         
Alfian menjelaskan, pada tahun ini, diperkirakan mobil yang keluar masuk sebanyak 618 unit, terdiri dari 182 mobil  AKAP, dan 346 AKDP, sedangkan PO nya sebanyak 119 perusahaan.
         
"Mobil itu dihitung dari keluar masuk," katanya.
         
Hj Zulhasmi, kepala perwakilan PO Laju Prima jurusan Bandung-Jakarta, Lampung, Palembang mengatakan, saat ini kondisi pemudik sepertinya sudah mencapai puncaknya, pasalnya untuk dua hari ini kedua mobil yang disediakan Laju Prima sudah terisi semua.
         
"Hari ini dan besok sudah penuh. Tapi kalau tanggal 6 dan tanggal 7 masih ada beberapa kursi lagi yang belum diisi," kata Zulhazmi.
        
Dia menyebutkan, pada tahun ini PO Laju Prima sepertinya tidak libur hingga hari H lebaran. Namun demikian, penumpangnya tinggal beberapa orang lagi.
         
"Satu orangpun kalau ada penumpang kita berangkat. Lebaran pertama dan kedua kami juga berangkat. Jadi tahun ini kita tidak ada cuti," sebutnya.
        
Menurut pantauan hingga pukul 12.00 aktivitas di Terminal Alam Berajo cukup padat, ratusan pemudik lalu-lalang menunggu keberangkatan bus yang mereka tumpangi.
         
Istiono pemudik asal Jakarta mengatakan, dirinya memang sengaja berangkat H-4 ini, sebab diperkirakan sampai tempat tujuan H-1 lebaran.

"Bisanya juga pulang seperti ini. Sampe kampung, langsung hari lebaran," katanya.