Kereta mahasiswa akan dioperasikan kembali

id kereta, kereta api mahasiswa, akan dioperasionalkan kembali

Kereta mahasiswa akan dioperasikan kembali

Ilustrasi - Kereta Api (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Angkutan kereta api mahasiswa dari Palembang menuju Kampus Universitas Sriwijaya Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang sempat terhenti sebelumnya, sekarang akan diupayakan operasional kembali dan sekarang  masih menunggu izin dari Kementerian Perhubungan.

Izin operasional kereta api (KA) mahasiswa itu belum keluar sehingga sampai sekarang belum beroperasi kembali, kata Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel Sudirman kepada wartawan di Palembang, Senin.

Menurut dia, pihaknya telah mengajukan permohonan izin operasional kembali kereta api mahasiswa itu yang diharapkan dalam waktu dekat ini terealisasi.

Sebenarnya sarana transportasi massal tersebut sebelumnya telah beroperasi, tetapi karena ada keruskan sehingga terhenti.

"Sekarang keruskaan pada mesin kereta api itu sudah dipebaiki, tinggal menunggu izin operasional keluar," katanya.

Namun, kata dia, keberadaan kereta mahasiswa itu dalam kegiatan operasional selama ini masih mengganggu kereta umum di jalur regular.

"Jadi perlu perencanaan waktu yang lebih baik dan selama ini operasinya hanya satu kali jalan, sehingga itu perlu ditambah lagi sesuai kebutuhan termasuk persiapan jalur ganda agar tidak mengganggu kereta umum," kata Sudirman.