Kamis, 19 Oktober 2017

Niat pecahkan rekor, remaja California jelajahi Antartika

id remaja pecahkan rekor antartika, Parker Laiutaud rekor antartika, antartika
Niat pecahkan rekor, remaja California jelajahi Antartika
Ilustrasi (Reuters)
(ANTARA/Reuters) - Penjelajah kutub remaja asal Amerika Serikat, Parker Laiutaud, berencana memecahkan rekor sebagai orang tercepat yang tiba di Kutub Selatan.

Ia berencana melakukan petualangannya dengan berjalan kaki dan menggunakan peralatan ski sejauh 639 kilometer pada 3 Desember tahun ini.

Parker (19), remaja asal Palo Alto, California, berencana menyiarkan perjalanannya menggunakan truk dengan pemancar satelit yang akan mengikuti petualangannya bersama penjelajah veteran Doug Stoup. Perjalanan tersebut ditargetkan akan selesai dalam kurun waktu 22 hari.

Saat berbicara di Explorer's Club Hew York, Parker berharap perjalanannya akan menarik perhatian semua orang terhadap isu perubahan iklim. Ia sebelumnya sudah tiga kali melakukan perjalanan ke Kutub Utara.

"Aku harus mempersiapkan diri untuk dapat menarik kereta luncur yang beratnya sekitar 82 kilogram selama 12 jam perhari dalam kurun waktu hampir sebulan," ujar Parker.

Doug dan Parker, mahasiswa tingkat dua jurusan geologi di Universitas Yale, akan memulai perjalanannya di Ross Ice Shelf, pantai barat laut Antartika, kemudian mereka beralih menggunakan peralatan ski saat tiba di Gletser Leverett.

Dengan melakukan perjalanan sejauh 29 kilometer perhari, mereka menargetkan tiba di Kutub Selatan dalam waktu 22 hari. Rekor yang ada saat ini dipegang oleh Christian Eide asal Norwegia pada 2011 dengan catatan waktu 24 hari, satu jam 13 menit.

Editor: Awi

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga