Ratusan ayam Serama di Baturaja tampil mempesona

id ayam serama, kontes ayam serama

Ratusan ayam Serama di Baturaja  tampil mempesona

Kontes ayam serama di Baturaja, Minggu (Foto Antarasumsel.com/13/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Sekitar 200 ekor ayam serama terlihat berlenggak-lenggok di atas panggung cat walk pada Kontes Ayam Serama Bupati OKU Cup di Gedung Olah Raga Baturaja, Sumatera Selatan, Minggu.

Satu persatu ayam serama ini tampil bak model papan atas dengan dada membusung bak bina ragawan cantik layaknya gadis seksi.

Tak hayal penampilan ayam berukuran kecil ini membuat pemiliknya dan penonton yang hadir menjadi terpukau.

"Mantap. ayam ini lucu, unik dan sangat menarik. Inilah alasan saya senang dengan ayam serama," kata seorang peserta Asal Lampung.

Ketua Komunitas Serama Nia Baturaja (Sebat) sekaligus Panitia Pelaksana Kontes Ayam Serama Bupati OKU Cup, Antoni mengatakan, kontes ini dilakukan pertama kali di Baturaja.

Acara ini diselenggarakan sebagai dedikasi untuk almarhum Adinata pendiri pertama kali komunitas serama.

Peserta yang ikut tampil dalam kontes ini sekitar 200 ayam serama dari berbagai provinsi di antaranya dari Lampung, Palembang, Baturaja, Surabaya dan Jakarta.

"Harapan kita dengan terselenggaranya kegiatan ini, pencinta ayam serama di OKU semangkin menjamur," kata Antoni.

Antoni menjelaskan, ada beberapa katagori penilaian dalam kontes ayam serama ini, di antaranya kelas Raja Kebas yang menjadi penilaian kebasan sayap terindah, Jawara best of the best kelas jantan, juwara best of the best kelas anakan.

"Yang terakhir mencari pemenang ayam serama Raja OKU. Kalau kata lain diambil juara 1 hingga 3. Namun khusus untuk Predikat ayam Serama Raja OKU, dari 200 ayam yang mengikuti kontes diambil sati pemenang. Penilaian diambil dari paforit dan paling terbaik dari setiap penilaian," katanya.

Panitia penyelenggara menyediakan bermacam hadiah, untuk katagori reguler mendapat tropi dan piagam penghargaan, kelas spesial atau best of the best mendapat tropi piagam dan uang pembinaan. (E Permana)