Berlian "pink star" pecahkan rekor dunia terjual 83 juta dolar

id berlian pink star, rekor berlian termahal pink star, lelang berlian termahal

Berlian "pink star" pecahkan rekor dunia terjual 83 juta dolar

Berlian "pink star".(Reuters)

.....Berlian merah muda, tidak ragu-ragu untuk disebutkan adalah permata kerajaan sejati.....
Jenewa (ANTARA Sumsel) - Sebuah berlian berukuran buah prem yang dikenal dengan sebutan "pink star" laku terjual seharga 83 juta dolar dalam lelang di Jenewa hari Rabu, memecahkan rekor penjualan batu permata di dunia.

Davit Bennett, ketua bidang perhiasan di balai lelang Sotheby Eropa dan Timur Tengah, memukulkan palu di sebuah hotel di Jenewa setelah pelelangan yang seru selama lima menit diikuti oleh empat pesaing.

Pemenangnya, pria berjanggut ditaksir berusia 60-an memakai kopiah Yahudi, mengakhiri persaingan dengan seorang penawar yang menggunakan telepon dengan bahasa Mandarin melalui Patty Wong, ketua s
Sotheby Asia di aula pelelangan.

Pria berjanggut yang menolak menyebut namanya kepada AFP, mengaku mewakili orang lain sebagai pembelinya.

Sotheby akhirnya mengungkapkan bahwa pembelinya adalah Isaac Wolf, seorang perajin berlian dari New York yang akan mengganti nama berlian itu menjadi "The Pink Dream".

Berlian tersebut merupakan akhir dan puncak dari pelelangan perhiasan mahal yang berlangsung di hotel papan atas Rivage Hotel di pesisir Danau Jenewa.

Pink Star berada di peringkat dua pada jajaran perhiasan yang pernah dilelang, dan membuat orang menahan nafas saat seorang model berdiri di samping Bennett di panggung lelang, memakai berlian yang tertanam dalam sebentuk cincin.

"Dan sekarang, untuk sesuatu yang berbeda. Salah satu batu permata yang paling menakjubkan yang pernah muncul dalam pelelangan," Bennett mengawali acara tersebut.

Lelang dilakukan dengan mata uang franc Swiss, dimulai dengan harga 67 juta franc Swiss dan penawaran terakhir adalah sebesar 76,32 juta franc atau setara dengan 83,2 juta dolar AS.

Sekitar 150 orang yang memenuhi ruang lelang segera memberi tepuk tangan gemuruh sementara lagu "Pink Panther" mengumandang dan staf mengedarkan gelas-gelas berisi sampanye merah muda.

Berlian itu semula ditaksir seharga 60 juta dolar.

Tiga tahun lalu Sotheby mencapai rekor ketika melelang berlian "graff pink" dengan harga 46,2 juta dolar.

Lelang oleh Sotheby ini berselang hanya sehari dari rumah lelang pesaingnya, Christie, yang berhasil menjual berlian jingga berbentuk almond dengan harga 35 juta dolar yang juga memecahkan rekor untuk kategorinya.

         Batu kerajaan sejati
Permata Pink Star berkarat 59,60 adalah yang terbesar dalam kelasnya sesuai peringkat yang diberikan oleh Institut Batu Permata Amerika (GIA) dan ukuran terbesar keduanya hanya setengahnya.

Dipotong berbentuk oval berkilau dengan ukuran 2,69 x 2,06 cm , berlian tersebut memiliki bobot 11,92 gram.  

Sebagai tambahan dari puncak potongan dan kejernihannya, membuat berlian itu menjadi permata langka dalam sub-kelompoknya, kristal berlian murni dan tembus pandang dibandingkan dengan dua persen dari seluruh berlian, menurut GIA.

"Berlian merah muda, tidak ragu-ragu untuk disebutkan adalah permata kerajaan sejati. Belum pernah ada batu seukuran itu dengan warna seperti itu," kata Bennett.

Pink Star saat masih mentah memiliki karat 132,5 ketika ditambang oleh de Beers di Afrika pada tahun 1999, menurut Sotheby tanpa menjelaskan asal negaranya.

Kemudian berlian itu digosok dan dipotong selama dua tahun oleh Steinmetz Diamond dan diperkenalkan ke umum pada tahun 2003 dengan nama "Steinmetz Pink".

Batu tembus pandang itu berganti nama ketika dibeli oleh orang pertama yang tidak disebutkan namanya.

Sotheby juga menolak mengungkapkan nama penjual pada lelang hari Rabu atau juga menjelaskan apakah berlian itu sudah diperjual-belikan lagi sejak 2007.

    (Uu.M007)