Lomba memancing berhadiah Rp178 juta

id memancing, lomba mancing, lomba berhadiah Rp178 juta

Lomba memancing berhadiah Rp178 juta

Ilustrasi - Lomba memancing (Foto Antarasumsel.com/Awi)

Sangatta (ANTARA Sumsel)- Sebanyak 60 tim atau 300 orang pemancing serta dari empat provinsi di Indonesia mengikuti "Kutim Fishing Turnamen 2013" memperebutkan piala Bupati Kutai Timur dengan total hadiah sebesar Rp178 juta.

Peserta Kutim Fisihing  Turnamen tersebut dilepas secara resmi oleh Bupati Kutai Timur Isran Noor di atas Kapal Kudungga di kawasan di perairan laut Kenyamukan, Sabtu.

Empat provinsi yang berpartisipasi dalam turnamen itu berasal dari Provinsi Kaltim seperti Berau, Balikpapan, Bontang dan Samarinda, kemudian dari Palu, Sulawesi Tengah, Propinsi Lampung, DKI Jakarta.

"Fishing Turnamen ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi masyarakat khususnya di wilayah pesisir dalam memanfaatkan laut sebagai sumber pendapatan melalui kegiatan penangkapan ikan," katanya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim Luri Wicaksono disela-sela pelepasan peserta turnamen.

Selain itu, katanya, untuk mengenalkan potensi lestari kelautan dalam dan perikanan serta potensi wisata bahari. Juga menyebarluaskan kesadaran masyarakat untuk mencintai laut dengan menjaga dan mempertahankan kelestarian laut.

Luri mengatakan, seluruh peserta di turnamen kali ini diasuransikan dan panitia juga mendirikan base laut dan base darat di Kenyamukan dan Pulau Miang dan ada pengamanan di laut didukung oleh keamanan TNI AL, Polair dan Basarnas.

Pada Turnamen Fishing kali ini ada beberapa kategori  seperti ketegori juara ikan terberat dan ada kategori species ikan billfish, ikan tengiri, ikan trevally, kakap, kerapu dan tuna.

Setelah turnamen selesai kemudian dilakukan penimbangan, pengumuman pemenang dan penutupan pada Minggu 1 Desember 2013.

Area turnamen yakni di wilayah perairan laut Kutim dengan jarak 30 mil laut atau sekitar 55 kilometer dari Base Turnamen meliputi  sungai, muara dan teluk.

Jadwal Fishing Turnamen tersebut diawali dengan  uji kelaikan dan kelengkapan kapal peserta oleh Dinas Perhubungan dan Dinas Kelautan dan Perikanan pada  23-29 November 2013. Kemudian pada 29 November dilanjutkan technical meeting serta diadakan  pelepasan peserta kemudian  

Hadir alam acara pelepasan turnamen fishing, Wakil Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Dandim  0909/SGT Letkol Andi Gunawan, Kadis PU Aswan Dini Ekatirta, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) HM Joni, Camat Sangatta Didi Herdiansyah dan sejumlah pejabat serta unsur Forum Komunikasi Pemerintah Kabupaten Kutim dan ratusan warga pesisir yang menyaksikan lomba.