Puluhan Grup Kesenian OKU tampilkan budaya daerah

id karnaval, pemkab oku adakan acara karnaval

Puluhan Grup Kesenian OKU tampilkan budaya daerah

Puluhan peserta ikut karnaval budaya daerah di Baturaja, OKU, Minggu (Foto Antarasumsel.com/13/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Puluhan grup kesenian Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada Karnaval Budaya Nusantara 2013 di Taman Kota, Baturaja, Minggu dengan menampilkan budaya daerah yang ada di Indonesia.

Seperti teatrikal dan tarian sejarah Gua Putri dan Lesung Bintang yang merupakan legenda di Ogan Komering Ulu (OKU) dan menampilkan kesenian reog, kuda lumping, tarian khas dari Pulau Bali, serta budaya-budaya lainnya.

"Karnaval Budaya Nusantara ini diikuti 25 peserta dari beberapa daerah di OKU. Peserta menunjukan budaya-budaya nusantara," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) OKU, Aufa S Sarkomi di dampingi Kepala Bidang Budaya, Liesmayusia.

Pada perayaan karnaval tersebut, puluhan grup kesenian menunjukan aksinya di hadapan ribuan penonton dan dewan juri. Mereka beratraksi untuk memikat para penonton. Setelah menunjukan kreativitasnya, para seniman tersebut langsung keliling Kota Baturaja, ibukota Kabupaten OKU.

"Acara ini sekaligus wadah bagi para seniman. Selama ini, mungkin mereka hanya tampil di acara-acara komunitasnya saja. Seperti, kesenian Padang hanya tampil di acara komunitasnya. Adanya kegiatan ini, masyarakat juga bisa tahu, cerita asal usul Gua Putri dan Lesung Bintang dan budaya lainnya," ungkapnya.

Untuk menambah kemeriahan, lanjut dia, panitia juga memberikan hadiah bagi enam peserta karnaval terbaik.

Selain itu, pada karnaval budaya 2013 juga menampilkan 34 grup rebana yang ada di OKU dengan jumlah 500 orang.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan dua tahun sekali. Setiap tahun menunjukan kemajuan. Tahun ini lebih variatif. Kalau dulu banyak menunjukan kuda lumping dan reog saja. Tapi, sekarang sudah banyak yang menampilkan budaya lain, dari OKU, Padang dan daerah lainnya yang diharapkan ke depan bisa lebih baik serta bervariasi," katanya. (E Permana)