Lomba foto promosi Danau Toba

id toba, danau toba, lomba foto danau toba

Lomba foto promosi Danau Toba

Danau Toba (FOTO ANTARA)

.....guna mempromosikan kawasan strategis pariwisata nasional di Toba Samosir....
Balige (ANTARA Sumsel) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba Samosir, Sumatera Utara, menyelenggarakan lomba foto untuk menggugah minat penggemar fotografi mempromosikan keindahan alam dan potensi pariwisata kawasan Danau Toba, agar lebih dikenal di tingkat dunia.

"Tujuan penyelenggaraan lomba ini guna mempromosikan kawasan strategis pariwisata nasional di Toba Samosir," ujar Ketua Panitia Lomba Foto Wisata Kawasan Danau Toba, Boido Pardede di Balige, Selasa.

Boido mengatakan, dengan bantuan liputan gambar dari berbagai sudut oleh para penggemar seni memotret di daerah tersebut, kualitas dan kuantitas wisman ke wilayah yang terletak di bagian tengah Provinsi Sumatera Utara itu diharapkan semakin meningkat.

Lomba bertema Sadar Wisata Bersama Foto itu, kata Boido, diikuti ratusan peserta dalam kategori umum dan jurnalistik dengan menggunakan kamera DSLR maupun kamera handphone dari berbagai merek dan tipe.

Keindahan alam dan topografi yang khas di wilayah Toba Samosir, menurut dia, mampu menjadikan daerah tersebut sebagai objek wisata menarik dan cukup mengundang minat para pecinta fotografi untuk mengabadikannya.

Penyebarluasan foto visual melalui berbagai media dari sejumlah objek menarik pada wilayah setempat yang dilakukan Panitia Lomba, dapat dipandang sebagai perpanjangan tangan instansi terkait dalam mempromosikan potensi pariwisata Toba Samosir.

Boido menjelaskan sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia fotografi, lomba foto itu merupakan bukti apresiasi atas komitmen dalam mendukung serta meningkatkan pariwisata daerah, hingga wilayah Toba Samosir dapat dijadikan sebagai destinasi wisata pilihan.

Memang selama ini, lanjutnya, industri pariwisata Tobasa sudah terpromosikan dengan cukup baik, namun akan lebih maksimal jika dilengkapi dengan berbagai illustrasi foto guna lebih menarik minat pengunjung lokal maupun wisatawan mancanegara.

Boido menyebutkan dewan juri yang terdiri dari fotografer profesional, di antaranya Johnny Siahaan dan Edward Tigor Siahaan bersama beberapa orang pemerhati pariwisata menetapkan serta mengumumkan pemenang lomba pada Senin (30/12).

Untuk kategori jurnalistik, juara pertama diraih H Imran Napitupulu dari LKBN ANTARA Biro Sumut dengan foto berjudul Merah Putih dan Danau Toba, berhak memperoleh hadiah Rp3 juta dan piagam penghargaan dari panitia lomba.

Juara kedua dan ketiga, H Hutagaol dan Jujung Sitorus dari media Bongkar Kasus, media elektronik MNC TV Group dengan hadiah masing-masing, Rp2 juta untuk pemenang kedua, dan Rp1 juta bagi pemenang berikutnya.

Kategori umum menggunakan kamera SLR masing-masing dimenangkan oleh Radikin sebagai juara pertama disusul Richard dan Roy Wesly Sibarani serta berhak memperoleh hadiah uang tunai ditambah piagam penghargaan.

Peserta yang menggunakan kamera handphone, juara pertama dimenangkan oleh Buha H Pardede, Risma Pardede dan Pantuan Josua Pardede.

Di samping itu, dewan juri juga menetapkan lima pemenang favorit, yaitu, Masrina Farida Siahaan, Yogie, Angga Saputra, Brahmantya dan Paul Binsar Rajagukguk.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Pemkab Toba Samosir, Ultri Sonlahir Simangunsong menyebutkan, pihaknya memberikan apresiasi besar atas upaya positif yang dilakukan panitia dalam membantu promosi pariwisata, melalui penyebarluasan foto dan informasi untuk mendukung dunia kepariwisataan di daerah tersebut.

"Kami mengapresiasi peran serta yang dilakukan panitia lomba sebagai corong promosi pariwisata melalui penyebarluasan foto dan informasi untuk mendukung dunia kepariwisataan di Toba Samosir," kata Ultri.