Microsoft berniat perluas pasar Windows Phone

id Microsoft Corp , Microsoft Corp perluas pasar windows phone, microsoft

Microsoft berniat perluas pasar Windows Phone

Microsoft Corp (Reuters)

(ANTARA Sumsel) - Microsoft Corp berupaya menjangkau lebih luas pasar bagi smartphone yang menggunakan software Windows Phone dengan beralih ke chipset yang lebih terjangkau dan memperlonggar aturan bagaimana seharusnya produsen ponsel menggunakan software tersebut untuk mendorong mereka mengurangi biaya produksi.

Nick Parker, wakil presiden senior Microsoft bidang produsen ponsel, mengatakan perubahan tersebut sejauh ini sudah menarik berbagai produsen ponsel baru untuk menciptakan ponsel yang menggunakan software Microsoft termasuk LG Electronics dari Korea, Xola dan Karbonn dari India, ZTE, Foxconn, Lenovo, Gionee dan Longcheer.

"Kami terbuka untuk berbisnis Windows Phone kepada semua pihak yang ingin memproduksi ponsel Windows," ujar Nick dalam pameran dagang Mobile World Congress, Minggu.

Windows Phone biasanya dijual dengan kisaran harga ratusan dolar Amerika, meskipun ponsel Nokia Lumia 520 dipatok dengan harga 190 dolar Amerika (setara Rp2,2 juta) di pasar Eropa.

Namun, pasar smartphone murah, yang dibanderol di bawah 100 dolar Amerika (setara Rp1,16 juta), kini didominasi oleh sistem operasional Android Google, yang memiliki biaya lisensi lebih rendah, lebih mudah diadaptasikan oleh produsen ponsel dan digunakan di chipset yang lebih murah dan digunakan untuk menjalankan radio dan berbagai fungsi lainnya.