Komisi Eropa akan panggil produsen game smartphone

id game, game smartphone, komisi eropa game smartphone, smartphone

Komisi Eropa akan panggil produsen game smartphone

Ilustrasi.(Foto IST)

(ANTARA Sumsel) - Komisi Eropa pada Kamis mengumumkan rencana untuk mengatasi maraknya masalah di era modern - game di tablet dan ponsel yang memungkinkan orang dewasa dan anak-anak menumpuk tagihan kartu kredit dengan membuat "in-app" purchases (pembelian dalam aplikasi atau game).

Kekhawatiran itu diangkat kelompok konsumen di Denmark, Inggris, Italia dan Belgia, Komisi itu akan mengadakan pembicaraan dengan pihak industri, pembuat kebijakan dan lembaga perlindungan konsumen pada Kamis dan Jumat untuk mempertimbangkan pedoman yang jelas.

Kekhawatiran utama itu adalah game yang sering dicap sebagai "unduhan gratis" namun sesungguhnya "tidak gratis saat dimainkan", dengan pembelian secara otomatis didebit dari kartu kredit yang terdaftar. Lebih dari separuh game online di Uni Eropa (UE) dipromosikan sebagai "game gratis", kata komisi itu, meskipun banyak game membawa biaya tersembunyi.

"Menyesatkan konsumen merupakan model bisnis yang jelas sekali salah dan juga bertentangan dengan semangat aturan UE dalam proteksi konsumen," kata komisaris hukum UE, Viviane Reding.

"Komisi Eropa akan meminta penjelasan dari industri aplikasi atas kekhawatiran yang diajukan oleh masyarakat dan organisasi konsumen nasional."

Di antara perusahaan yang akan dipanggil meliputi Apple dan Google, bersama dengan lembaga perlindungan konsumen dari Denmark, Inggris, Prancis, Italia, Belgia, Lithuania dan Luksemburg.