KakaoTalk dan Line ingin kuasai pasar Indonesia

id KakaoTalk dan Line Ingin Kuasai Pasar Indonesia, KakaoTalk, Line

KakaoTalk dan Line ingin kuasai pasar Indonesia

Aplikasi Chat Kakao Talk dan Line (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

(ANTARA Sumsel) - Aplikasi messenger seluler Korea berusaha mengambil alih dominasi BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia, yang merupakan salah satu pengguna jejaring sosial terbesar di dunia.

Kakao Corp menggandeng sejumlah bintang pop ternama dan unit Naver Corp, yakni Line Corp, menjalin kerja sama dengan Samsung Electronics Co untuk mewujudkan ambisinya itu, menurut peneliti McKinsey & Company.

BBM sudah lama menjadi aplikasi messenger terpopuler di Indonesia, dan kini Facebook Inc menggelontorkan dana senilai 19 miliar dolar Amerika (setara Rp217 triliun) untuk mengakuisisi layanan messenger WhatsApp. Namun Kakao Talk dan Line menarik generasi muda dengan menawarkan layanan voice call, game, belanja, merchandise dan stiker, atau message-conveying cartoon.

"Indonesia kemungkinan merupakan pasar messenger seluler paling kompetitif saat ini... Dan negara ini merupakan pasar utama yang ingin kami kuasai," ujar Kate Sohn, wakil presiden divisi pengembangan bisnis global Kakao.

KakaoTalk berhasil menjaring 16 juta pengguna hanya dalam kurun waktu setahun di Indonesia setelah Kakao menggandeng boyband K-pop kondang Big Bang dan menawarkan layanan data unlimited KakaoTalk lewat Telkomsel.