Pencipta Web serukan dibuatnya piagam 'Magna Carta' online

id web, piagam magna carta media online, kebebasan dan hak berinternet

Pencipta Web serukan dibuatnya piagam 'Magna Carta' online

Pencipta World Wide Web, Tim Berners-Lee (Reuters)

.....piagam untuk menjamin kebebasan berpendapat di Internet dan hak-hak pengguna Internet, setelah bocornya program mata-mata terhadap aktivitas pengguna dunia maya ....
(ANTARA Sumsel) - Pencipta World Wide Web, Tim Berners-Lee, pada Rabu menyerukan untuk dibuatnya sebuah piagam untuk menjamin kebebasan berpendapat di Internet dan hak-hak pengguna Internet, setelah bocornya program mata-mata terhadap aktivitas pengguna dunia maya oleh pemerintah Amerika Serikat.

Tepat 25 tahun setelah menciptakan web, Tim, yang merupakan seorang ilmuan komputer asal London, Inggris, mengatakan bahwa perlu dibuatnya sebuah piagam seperti Piagam Magna Carta untuk menjamin prinsip-prinsip mendasar di dunia maya.

Kebebasan dan privasi di dunia maya menjadi sorotan berbagai pihak setelah mantan kontraktor badan mata-mata Amerika Serikat NSA (National Security Agency), yakni Edward Snowden, pada tahun lalu membocorkan berbagai dokumen yang mengungkapkan program pemerintah negara itu untuk memonitori ponsel dan data Internet.

Tim menegaskan sekarang merupakan waktunya untuk membuat sebuah keputusan bersama, dan pada saat yang bersamaan ia memperingatkan bahwa meningkatnya pengawasan dan sensor, di sejumlah negara seperti China, mengancam masa depan demokrasi.