Miliki reputasi negara termiskin, tak halangi Haiti produksi tablet Android pertama

id android haiti surtab, tablet android buatan haiti

Miliki reputasi negara termiskin, tak halangi Haiti produksi tablet Android pertama

Seorang pekerja merakit tablet berbasis Android dari komponen impor di pabrik Surtab di Sonapi Industrial Park dari Port-au-Prince 11 Maret 2014. (Reuters)

(Seleblitz) - Terkenal dengan reputasi sebagai negara termiskin ketiga dan sering mengalami kekacauan politik, negara paling tidak berkembang di belahan bumi bagian barat, Haiti, berhasil terjun ke dunia teknologi dengan memproduksi tablet Android pertamanya.

Diapit oleh sejumlah pabrik tekstil di kawasan industri Port-au-Prince di dekat sebuah permukiman kumuh, perusahaan yang didirikan di Haiti itu mulai memproduksi tablet murah bernama Sûrtab, nama yang diambil dari kata sifat "sûr" dalam bahasa Prancis yang artinya "pasti", untuk menggambarkan keandalannya.

Tidak seperti beberapa pabrik di sekitarnya yang para pekerjanya dibayar murah untuk memproduksi pakaian bagi Amerika Serikat, para pekerja Sûrtab bekerja dilengkapi dengan solder listrik, bukannya mesin jahit.

Mengenakan pakaian kerja berwarna putih dan penutup kepala, Sergine Brice sangat bangga dengan hasil kerja kerasnya itu. "Aku tidak pernah membayangkan kalau suatu saat aku bisa memproduksi tablet sendiri," ujarnya.

Menganggur selama satu tahun setelah kehilangan pekerjaan di sebuah perusahaan ponsel, Sergine (22), tidak yakin dia memiliki keterampilan yang dibutuhkan ketika dia menerima pekerjaan setelah Sûrtab dibuka pada tahun lalu.

"Ketika aku datang dan mengetahui bahwa pekerjaan itu berhubungan dengan komponen elektronik, aku bertanya-tanya apakah aku mampu melakukannya. Namun, ketika aku menyelesaikan tablet pertamaku, aku luar biasa gembira," tambah Sergine.