Gitar listrik George Harrison dilelang

id Gitar Listrik George Harrison Dilelang, gitar George Harrison

Gitar listrik George Harrison dilelang

Gitar George Harrison (Foto IST)

(ANTARA Sumsel) - Gitar listrik yang dimainkan George Harrison saat tampil di acara TV Inggris sebelum Beatles mengguncang Amerika Serikat, akan dilelang bersama dengan album yang sampulnya ditandatangani personel Fab Four, ungkap Julien's Auctions pada Senin.

Gitar listrik Rickenbacker 425 keluaran 1962 yang berwarna hitam-putih milik George diperkirakan dijual dengan harga AS$400.000 (sekitar Rp4,5 miliar) sampai AS$600.000 (sekitar Rp6,7 miliar) di sebuah pelelangan di Hard Rock Cafe di New York City pada 16-17 Mei.

George, yang meninggal dunia saat usianya 58 tahun pada 2001, memainkan gitar itu saat tampil di program TV Inggris 'Ready Steady Go!' dan 'Thank Your Lucky Stars', beberapa bulan sebelum grup tersebut beraksi di 'The Ed Sullivan Show' di Amerika Serikat pada 1964.

Gitaris itu membeli alat musik tersebut di Mount Vernon, Illinois pada 1963, saat berkunjung ke rumah saudari perempuannya, menurut rumah lelang di Beverly Hills, California itu.

Gitar tersebut, yang dicat George supaya sama dengan gitar Rickenbacker milik John Lennon, juga dia gunakan saat The Beatles rekaman 'I Want to Hold Your Hand' dan 'This Boy' pada Oktober 1963.

Benda lain yang juga dijual di pelelangan itu adalah album 'Beatles '65' yang ditanda tangani John Lennon, George Harrison, Paul McCartney dan Ringo Starr.

Album tersebut diprediksi akan terjual seharga AS$200.000 (sekitar Rp2,2 miliar) sampai AS$300.000 (sekitar Rp3,3 miliar) karena jarang sekali keempat personel band itu menandatangi album setelah popularitas mereka melejit di Amerika Serikat pada 1964.