Perluas akses internet, Facebook gunakan satelit dan drone

id Facebook gunakan satelit dan drone, drone

Perluas akses internet, Facebook gunakan satelit dan drone

Drone (pesawat tanpa awak) (Reuters)

(ANTARA Sumsel) - Raksasa jejaring sosial Facebook bakal memanfaatkan satelit, pesawat tak berawak (drone) dan berbagai teknologi lainnya sebagai upaya ambisiusnya untuk memperluas akses Internet bagi masyarakat di negara-negara yang kurang berkembang.

Jejaring sosial No. 1 di dunia tersebut pada Kamis mengatakan pihaknya sudah merekrut pakar kedirgantaraan dan komunikasi dari Jet Propulsion Lab NASA dan Ames Research Center untuk menjalankan proyek 'Connectivity Lab'.

"Hari ini, kami akan mengungkapkan beberapa rincian mengenai proyek Connectivity Lab Facebook untuk menciptakan pesawat tak berawak, satelit dan laser demi memberikan akses Internet kepada semua orang," ujar Mark Zuckerberg, CEO Facebook, lewat sebuah posting-an Facebook.

Langkah ini merupakan kelanjutan dari proyek Internet.org Facebook, yang  ditujukan untuk memberikan akses Internet kepada miliaran orang di berbagai tempat di dunia seperti Afrika dan Asia.

Facebook bekerja sama dengan berbagai operator telekomunikasi agar akses Internet semakin luas dan harganya kian terjangkau.