Gubernur Sumsel dukung penyelenggaraan Visit Linggau 2015

id alex noerdin, gubernur dukung visit linggau 2015

Gubernur Sumsel dukung penyelenggaraan Visit Linggau 2015

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan mendukung kegiatan program "Visit Linggau 2015", untuk memajukan kota tersebut, terutama dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Program Kunjungan Linggau 2015 (Visit Linggau 2015) tersebut harus didukung dengan infrastruktur seperti listrik hidup selama 24 jam dan air bersih terus mengalir, kata Gubernur Alex Noerdin dihubungi, Kamis.

Sedangkan pembangunan sarana pendukung lainnya seperti taransportasi udara sudah disiapkan bandara Silampari, dan akan terus diupayakan bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 737-500.

Pembangunan Bandara Silampari itu hingga saat ini sudah menghabiskan dana cukup besar termasuk dana bantuan dari provinsi, kabupaten dan pemerintah pusat, katanya.

Sekarang lokasi bandara tersebut berada di dalam Kota Lubuklinggau, tapi menjadi milik bersama antara Pemkab Musirawas dan Pemerintah Kota setempat, mudah-mudahan ke depan bisa dikelola secara profesional dan menjadi bandara internasional.

"Saya menilai kegiatan Visit Linggau 2015 saat ini masih banyak kekurangan terutama daya listrik dan air bersih, kekurangan itu akan jadi tugas bagi pemerintah daerah untuk menyelesaikan," katanya.

Pemprov Sumatera Selatan akan membantu dana membangun berbagai fasilitas pendukung di Kota Lubuklinggau sebesar Rp100 miliar dan sudah dikucurkan Rp75 miliar, sisanya akan cairkan untuk menyelesaikan hingga menjelang pelaksanaan program Visit Linggau 2015.

Ia menambahkan, faktor utama menyukseskan program Visit Linggau 2015 adalah keamanan terjamin, dan itu menjadi tanggung jawab bersama.

Apa lagi Kota Lubuklinggau berdampingan dengan dua kabupaten yakni Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara diharapkan tetap aman.

Keamanan itu sebetulnya bukan tanggung jawab Polisi dan TNI saja, tapi juga terakhir ada di kepala daerah dan melibatkan masyarakatnya, ujar Alex Noerdin.

Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe mengatakan menyambut Visit Linggau 2015 sudah dilakukan percepatan pembangunan di berbagai sektor.

"Menjadi tuan rumah Visit Linggau 2015 adalah memberanikan diri karena ada dukungan Gubernur Alex Noerdin yang dinilai sudah berpengalaman menggelar berbagai kegiatan berskala nasional dan internasional," katanya.