Orang setres dibiarkan berkeliaran di Baturaja

id gila, orang gila, orang setres

Orang setres dibiarkan berkeliaran di Baturaja

Orang gila banyak berkeliaran (FOTO Antarasumsel.com/Nila Fuadi)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Orang stres atau gila semakin banyak berkeliaran di Baturaja, ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan hingga merusak pemandangan di kota tersebut.

Pantauan di lapangan, Rabu sejumlah orang gila berkeliaran bahkan ada yang bebas tanpa busana, sehingga bagi yang menyaksikan menjadi terganggu bahkan banyak warga berpapasan di pasar berlari menghindari.

Keberadaan orang tidak waras itu dibiarkan saja berkeliaran tanpa ada tindakan tegas dari pihak instansi terkait dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) wilayah setempat, kata Banu (40) warga di Baturaja, Rabu.

Menurut dia, tidak hanya itu, gelandangan dan pengemispun turut mewarnai pemandangan Kota Baturaja mondar-mandir di setiap jalan protokol dan kerap mangkal di perempatan jalan, serta Taman Kota Baturaja.

Kondisi ini membuat masyarakat prihatin, bahkan setiap warga yang melintas, sangat tidak nyaman dengan pemandangan itu.

"Saya merasa risih jika melihat orang gila setengah telanjang di jalan. Saya mohon kepada pemerintah setempat untuk menertibkannya. Jangan sampai seolah-olah membiarkan keberadaan warga mengalami gangguan jiwa itu berkeliaran," kata Ny Ruslaini, salah satu warga pengunjung pasar tradisional Baturaja menambahkan.

Sementara Kasat Pol PP OKU Agus Salim melalui Kabid Penegakan Perundang-Undangan Daerah Bayu Iskandarsyah saat dihubungi membenarkan dengan maraknya orang gila di Kota Baturaja itu.

Oleh sebab itu kata dia, pihaknya akan berkordinasi dengan Dinas Sosial setempat untuk mengamankan orang gila yang sering berkeliaran dan saat ini pihaknya masih konsentrasi dulu ke Pemilu Legislatif 2014.

"Setelah selesai pengamanan hasil Pemilu, maka kami akan bergerak dengan Dinas Sosial untuk menyapu bersih orang gila dan gelandangan pengemis yang saat ini banyak berkeliaran di kota Baturaja," katanya.