Pulau-pulau kecil perlu digarap maksimal

id pulau, pulau kecil perlu digarap maksimal

Pulau-pulau kecil perlu digarap maksimal

Pulau kecil (Foto Antarasumsel.com/ist)

Padang (ANTARA Sumsel) - Pulau-pulau kecil di Sumatera Barat perlu digarap maksimal sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara serta memberikan pendapatan asli daerah, kata staf Kelurahan Sungai Pisang, Kota Padang, M Idris.

Menurut dia di Padang, Senin, potensi wisata bahari terutama di pulau-pulau kecil tersebut cukup menjanjikan, namun masih kurang diperhatikan dan perlu untuk ditingkatkan kedepannya.

"Pulau-pulau kecil perlu diperhatikan salah satunya sebagai objek wisata dengan memperbaiki infrastruktur pendukung agar wisatawan baik dalam maupun luar negeri lebih tertarik datang ke daerah ini, yang artinya nanti juga akan menghasilkan PAD bagi setiap kabupaten dan kota," katanya.

Ia menyebutkan, dengan pengembangan dan perhatian terhadap potensi objek wisata tersebut akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar kepulauan dengan banyaknya kunjungan.

Salah seorang pengurus Pulau Pamutusan, Polin, mengatakan pulau-pulau kecil ini membutuhkan fasilitas pendukung seperti listrik, penginapan yang layak, dan akses transportasi yang memadai.

Pulau-pulau yang membutuhkan perhatian dari pemerintah diantaranya, Pulau Pamutusan, Pulau Sikuai, Pulau Pasumpahan dan Pulau Sirandah, katanya.

Pulau-pulau ini, sebutnya, memiliki daya tarik mulai dari pasirnya yang putih, karang-karangnya yang indah dan berbagai macam biota laut.

"Kunjungan ke pulau-pulau kecil sangat ramai, khususnya Pulau Pamutusan. Pengunjung menggunakan jasa tour dan travel agar bisa ke pulau ini atau mereka menyewa perahu nelayan yang berada di Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan," katanya.

Namun, untuk menuju Sungai Pisang, para pengunjung harus menempuh satu setengah jam perjalanan dari Kota Padang. Selain jarak yang lumayan jauh, jalan menuju Sungai Pisang juga tidak cukup bagus karena belum diaspal.

"Kami mengharapkan pemerintah memberi perhatian terhadap pulau-pulau kecil beserta infrastrukturnya, agar kunjungan terhadap wisata bahari di Sumbar semakin meningkat, ini juga bisa meningkatkan perekonomian nelayan yang dimana mereka bisa menjadi pemandu wisata ketika mereka tidak melaut," harapnya.