Deddy Mizwar: Mendagri tidak tegur saya

id Deddy Mizwar, wakil gubernur jabar

Deddy Mizwar: Mendagri tidak tegur saya

Deddy Mizwar (FOTO ANTARA)

Bandung (ANTARA Sumsel) - Deddy Mizwar yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat menyatakan hingga saat ini seluruh kegiatan keartisan yang dilakoninya tidak mendapat teguran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ataupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Silakan tanya Mendagri ataupun KPK apakah ada yang saya langgar? Jika ada pasti Mendagri sudah kontak saya ataupun memberi teguran. Tapi nyatanya Mendagri santai-santai saja dan tentunya jika saya harus memberikan klarifikasi pasti KPK telah memberikan surat," ujarnya seusai shalat tarawih di Bandung, Selasa.

Pemeran Bang Jack di sinetron "Para Pencari Tuhan" ini menjelaskan dalam kapasitasnya sebagai Wagub Jabar, ia selalu mengikuti jadwal kegiatan yang sudah disusun protokoler. "Saya mempunyai tugas besar sebagai Wakil Gubernur Jabar dan selalu mengikuti agenda yang sudah disusun," katanya.

Namun, lanjutnya, ia menggunakan waktu luangnya untuk syuting seusai seluruh agenda resminya dilaksanakan. "Jika pejabat lain main golf di waktu senggangnya, saya mempergunakannya untuk syuting bila memiliki waktu misalnya tiga jam," ujarnya.

Sebagai contoh, lanjutnya, seusai mengikuti acara di Jakarta dan tidak lagi ada agenda apapun, ia menyempatkan diri ke Bekasi untuk syuting. "Saya telepon apakah ada syuting atau tidak jika ada maka saya mampir, itu kalau memang mau pake saya. Karena saya mempunyai tugas sebagai wakil gubernur," katanya.

"Saya memang mempunyai tugas besar, tapi ini aneh, coba lihat substansinya kalau tayangan Para Pencari Tuhan itu selalu mendapat penghargaan setiap tahunnya dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ini tayangan bagus dan menginspirasi masyarakat khususnya umat Islam dan juga umat lain bisa belajar, itu kan bagus," ujarnya.

Ia menyatakan dirinya sebagai wagub paling produktif yang mampu menginspirasi tidak hanya masyarakat Jabar namun juga masyarakat Indonesia lewat tayangan inspiratif khususnya di bulan Ramadhan.

"Ini lebih bagus daripada sebuah kunjungan atau acara protokoler karena itu bisa diwakili siapa saja tapi Bang Jack tidak bisa digantikan dan manfaatnya bisa dirasakan puluhan juta orang," ujarnya.

Deddy mengakui jika dirinya tidak banyak tampil dalam sinetron ini seperti tayangan-tayangan episode sebelumnya sehingga apa yang dipermasalahkan oleh segelintir orang terkait kiprahnya ini lebih berbau politis.

"Saya sebagai tim kampanye di mana pasangan yang saya dukung menang telak di Jabar sehingga sesungguhnya KPK dan Mendagri tidak mempermasalahkan hal ini," kata pemeran Naga Bonar ini.

Terkait dengan laporan honor sebagai artis, Deddy menjelaskan telah melakukan pelaporan keuangannya secara transparan pada April lalu. "Sangat jelas ada pembayaran pajak dan penghasilannya berapa dan pastinya KPK lebih tahu hal ini," tegasnya.

Sebelumnya KPK mengimbau kepada Deddy Mizwar agar fokus melayani warga Jawa Barat karena secara moral sebagai penyelenggara negara seharusnya waktunya digunakan untuk melayani masyarakat.

KPK juga mengimbau agar Deddy melaporkan penghasilannya dari bermain sinetron atau iklan untuk menghindari indikasi gratifikasi.