Pemkab OKU siagakan petugas kebersihan selama Lebaran

id dkk, dinas kebersihan kota baturaja

Pemkab OKU siagakan petugas kebersihan selama Lebaran

Pejabat DKK OKU (Foto Antarasumsel.com/14/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melalui Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota setempat akan menyiagakan seluruh armada angkutan sampah dan petugas kebersihan selama lebaran.

Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DKK) Ogan Komering Ulu (OKU) Slamet Riyadi melalui Kabid Kebersihan Satri Jasulman di Baturaja, Rabu menjelaskan bahwa jumlah petugas kebersihan yang akan disiagakan nanti sebanyak 18 orang.

Petugas kebersihan yang dikenal dengan sebutan "Pasukan kuning" itu disiagakan di Islamic Center, Taman Kota Baturaja, Pasar Atas, Pasar Baru, serta rumah dinas bupati selama 24 jam, tegasnya.

Sementara untuk armada angkutan sampah, pihaknya akan menyiagakan dum truk sebanyak 14 unit.

"Kita harapkan seluruh sampah warga Baturaja bisa terangkut saat lebaran nanti," katanya.

Mengenai jumlah volume sampah, menurut Satri, selama Ramadhan tahun ini jumlahnya meningkat 16 persen dibandingkan hari biasa.

Menurut dia, pada hari biasa volume sampah di Baturaja rata-rata sekitar 72 kubik perhari, namun ketika bulan puasa meningkat menjadi 85 kubik perhari.

"Sampah-sampah itu banyak berasal dari pusat jajanan, taman kota dan pasar tradisional di Baturaja," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk sampah yang banyak dibuang warga Baturaja selama puasa ini, adalah jenis kulit buah-buahan, plastik dan kulit makanan organik.

Ia menambahkan, tujuan menyiagakan petugas kebersihan tersebut, supaya kondisi Kota Baturaja selama Ramadhan hingga Idul Fitri tetap dalam kondisi bersih, rapi dan nyaman.