Kamis, 27 Juli 2017

Stok Pertamax di Palembang cukup 50 hari

id pertamax, cukup kebutuhan 50 hari
Stok Pertamax di Palembang cukup 50 hari
Ilustrasi - Petugas SPBU sedang mengisi kendaraan bahan bakar pertamax (FOTO ANTARA)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Stok pertamax di Pertamina Pemasaran Keramasan Kertapati Palembang, Sumatera Selatan cukup banyak atau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama 50 hari.

"Ternyata orang Palembang belum begitu banyak menggunakaan pertamax, stok di Keramasan Kertapati banyak, cukup untuk 50 hari," kata Act RPO Manager PT Pertamina (Persero) Refinery Unit III, Antoni B Doloksaribu di Palembang, Selasa.

Menurut dia, di dalam dua hingga tiga bulan ini mereka tidak produksi pertamax, karena stoknya masih banyak di Pemasaran Keramasan Kertapati Palembang.

"Stok pertamax masih banyak dan pihaknya juga siap untuk produksi lagi," katanya.

Sementara mengenai harga pertamax di Palembang lebih tinggi dari Pulau Jawa, menurut dia, pertamax itu memang diproduksi di kilang Pertamina (Persero) Refinery Unit III, tetapi bahan utamanya didatangkan dari luar.

Persentase untuk bahan dasar itu cukup besar sekitar 60 sampai 70 persen untuk mendapatkan oktan number yang dibutuhkan di pasar, ujarnya.

Ia menyatakan, bahan utamanya ada tambahan dari Balongan HOMC (high octane mogas componen) sehingga harga pertamax di sini berbeda sedikit dengan yang ada di Pulau Jawa.

Jadi, untuk produksi pertamax di Pertamina RU III tergantung dengan pasar dan beberapa bulan belakangan memang tidak ada permintaan dan stoknya cukup 50 hari, jelasnya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Baca Juga