Warga Baturaja gelar pesta rakyat Tahun Baru

id goa putri, pesta rakyat di goa putri

Warga Baturaja gelar pesta rakyat Tahun Baru

Goa putri (FOTO ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Warga Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan menggelar pesta rayat menyambut Tahun Baru 2015.

Pantauan di lapangan, Kamis, sejumlah warga mulai mempercantik dan melengkapi fasilitas objek wisata Gua Putri di Kecamatan Semidang Aji lokasi akan diselenggarkaan pesta rakyat merayakan malam pergantian tahun.

"Kita akan mengadakan perlombaan rabana antardesa dan pesta rakyat, namun belum tahu apa hadiah yang disediakan dan berapa desa dilibatkan, karena masih proses pendaftaran para peserta," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Aufa Sarkowi.

Menurut dia, rencananya perlombaan itu akan dilakukan pada 28-29 Desember 2014.

Final perlombaan pada 1 Januari 2015, bersamaan dengan rangkaian pesta rakyat termasuk acara nyanyi-nyanyian dan tari tradisional, katanya.

Ia yakin, pengunjung tidak akan bosan, karena selain di dalam Gua Putri yang sudah dipersolek oleh lampu hias warna-warni, pihak Disporabudpar OKU juga akan menyediakan wahana air. Mereka menyiapkan perahu untuk pengunjung menikmati arus air Gua Putri.

"Selain itu kita juga mengajak wahana permainan anak yang ada di Taman Kota Baturaja untuk membuka stand di Gua Putri. Dengan demikian pengunjung tidak hanya bisa menikmati wisata alam Gua Putri dan Gua Silabe saja. Mereka juga bisa menikmati wahana permainan air dan permainan anak," katanya.

Aufa menambahkan, dengan adanya wahana permainan air dan anak-anak ini diharapkan jumlah pengunjung akan meningkat.

Jika pada 1 Januari 2014 tercatat 12 ribu orang pengunjung dari luar dan dalam kota. Maka di tahun ini mereka menargetkan jumlah pengunjung meningkat hingga 10 persen.

Sementara, untuk retribusi biaya masuk wisata alam gua putri, khusus untuk tahun baru dinaikkan dua kali lipat.

Biaya masuk dari Rp5.000 menjadi Rp10.000 per orang. Biaya ini untuk menutupi kos panitia dan keperluan lainnya. Khususnya untuk meningkatkan pendapatan asli daera OKU," kata Aufa.