Bengkulu akan bangun pengamanan pantai

id pantai, bengkulu, pengamanan pantai, ombak

Bengkulu akan bangun pengamanan pantai

Pantai Jakat Bengkulu (Foto Antarasumsel.com/13/Awi/Aw)

Mukomuko (ANTARA Sumsel) - Balai Sungai Wilayah VII Provinsi Bengkulu, tahun depan akan membangun pengaman pantai yang terkikis ombak laut di Kabupaten Mukomuko.

"Balai Sungai Wilayah VII Bengkulu akan membangun pengaman pantai sepanjang 500 meter dengan anggaran Rp8 miliar," kata Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Mukomuko, M Zam, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, rencananya pengaman pantai yang terkikis ombak laut itu dibangun di sepanjang Jalan Lintas Barat (Jalinbar) di Air Punggur, Kecamatan Air Dikit.

Namun, katanya, lokasi yang menjadi sasaran kegiatan pembangunan pengaman pantai itu tidak hanya di sepanjang pantai di Jalinbar, tetapi juga di Pantai Indah Mukomuko.

Menurutnya, dua lokasi ini sama-sama parah terkena dampak dari pengikisan ombak laut yang telah bertahap mengurangi luas daratan di kabupaten itu.

"Kedua lokasi ini sama sama butuh dibangun pengaman pantai. Tinggal lagi hasil survei dari pihak Balai Sungai Wilayah VII untuk menetapkan lokasinya," ujarnya.

Karena, menurutnya, jika kegiatan itu untuk menambah panjang pengaman pantai yang terkikis ombak laut di sepanjang Jalinbar di daerah itu, tinggal lagi mengusulkan anggaran untuk pengaman pantai di Pantai Indah Mukomuko.

Sedangkan, lanjutnya, teknis kegiatan pembangunan pengaman pantai itu berupa  pelapis tebing atau bisa juga gorong-gorong.

"Kalau pengaman pantai di Pantai Indah Mukomuko cukup dibangun gorong-gorong atau bisa juga pelapis beton," ujarnya lagi.