PHRI Sumsel berupaya tingkatkan kunjungan wisman

id kunjungan wisman, phri, tingkatkan

PHRI Sumsel berupaya tingkatkan kunjungan wisman

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin (FOTO Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARASumsel) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatera Selatan pada 2015 berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu.

"Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke provinsi ini dengan memanfaatkan jaringan atau mitra kerja, seperti biro perjalanan wisata, pengusaha hotel dan restoran yang ada di dalam dan luar negeri," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin di Palembang, Rabu.

Selain itu pihaknya juga terus menggalakkan promosi potensi pariwisata yang terdapat di sekitar area operasional hotel dan restoran milik angota PHRI yang tersebar di 17 kabupaten dan kota Sumsel itu.

Menurut dia, berdasarkan data yang dihimpun dari pengelola hotel dan restoran anggota PHRI, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu rata-rata setiap bulannya lebih dari 1.000 orang.

Jumlah wisman tersebut diupayakan pada tahun ini bisa lebih banyak lagi, sehingga dapat lebih menggairahkan bisnis perhotelan dan restoran yang kini tengah mengalami pertumbuhan cukup pesat, ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam kondisi jumlah kunjungan wisman tersebut, tingkat hunian hotel dan kunjungan restoran sudah cukup baik yakni di atas 60 persen.

Melalui berbagai upaya yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara tersebut, diharapkan ke depan dapat menarik minat investor mengembangkan bisnis jasa perhotelan dan restoran yang kini jumlahnya terus bertambah.

 Sepanjang 2014 saja terdapat tiga hotel berbintang baru yang siap menyediakan tempat menginap yang nyaman dengan fasilitas pendukung berstandar internasional serta restoran yang menyediakan menu masakan khas Indonesia, Asia, dan Eropa.

Sementara secara nasional, berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Pariwisata, target kunjungan 9,3 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2014 diprediksi tercapai.

 Berdasarkan gambaran realisasi target kunjungan wisman tersebut, pihaknya optimistis jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke wilayah Sumsel yang memiliki potensi wisata budaya, sejarah, dan aneka jenis kuliner dapat meningkat, kata Herlan.