Legislator: potensi pariwisata Sumsel cukup besar

id dprd, dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan mengatakan potensi pariwisata di provinsi itu cukup besar, tinggal bagaimana membuat agenda pariwisatanya.

Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan, Fahlevi Maizano menyampaikan hal itu terkait dengan rapat kerja dengan Dinas Pariwisata di Palembang, Kamis.

Menurut dia, destinasi wisata yang ada di Sumsel tentunya ada keterkaitan.

"Kita minta tidak hanya dari Dinas Pariwisata, tetapi juga melibatkan pihak swasta tentunya," katanya.

Ia mengatakan, kalau cerita pariwisata pemerintah daerah tidak bisa langsung menerima hasil, tetapi harus menyiapkan anggaran yang besar, sarananya dan membuat program, jadi harus melibatkan pihak swasta.

Yang penting destinasi atau kedatangan wisatawan tidak hanya cukup alam dan natural saja misalnya ke Gunung Dempo, dalam dua hari saja sudah pulang, satu hari cukup lama.

Jadi, ada keterkaitan kultur, budaya dan kegiatannya apa. Ini harus disiapkan termasuk budaya yang dibentuk, ujar wakil rakyat tersebut.

Ia menyatakan, di Bali bisa tahan satu minggu, karena banyak kunjungan bisa melihat pantai, budayanya, heritagenya. Bagaimana menciptakan itu, karena multi efek cukup besar.

Kedatangan wisatawan makin banyak paling tidak mendorong minimal industri rumahtangga, karena orang akan membawa oleh-oleh, selain kuliner, katanya.

Dengan begitu, maka bisa membangkitkan industri-industri kecil lainnya seperti kerajinan tangan dan cendera mata.

Untuk mendatangkan wisatawan itu tentunya perekonomian di Sumsel akan menggeliat bangun, tutur politisi PDI Perjuangan tersebut.