Sumsel kembangkan budi daya bawang

id pengembangan tanaman bawang, bawang, bawang merah

Sumsel kembangkan budi daya bawang

Ilustrasi - Pedagang bawang merah dan cabai pasar Plaju Palembang. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

...Pihaknya masih uji coba dan usaha kecil-kecilan untuk tanaman bawang merah tersebut untuk kepentingan pengembangan lebih lanjut...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan mengembangkan budi daya tanaman bawang agar daerah itu tidak lagi mendatangkan salh satu bahan bumbu dapur itu dari luar.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel Taufik Gunawan di Palembang, Kamis, menjelaskan pihaknya berupaya mengembangkan budi daya tanaman itu untuk meningkatkan produksinya sehingga tidak tergantung dari pasokan provinsi lain.

Sebelumnya, pihaknya telah melakukan uji coba tamaman bawang dengan hasil yang sudah cukup baik.

Pihaknya masih uji coba dan usaha kecil-kecilan untuk tanaman bawang merah tersebut untuk kepentingan pengembangan lebih lanjut.

Ia mengatakan budi daya bawang merah bisa dilakukan di kawasan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Musirawas, dan Ogan Komering Ilir.

Hingga saat ini, Sumsel masih memiliki lahan yang cukup luas untuk ditanam bawang dengan harapan komoditas itu produksinya terus meningkat.

Dia mengakui produksi bawang belum begitu banyak, masih berkisar 10 ton.

Pihaknya akan memberikan pupuk dan bibit tamanan tersebut sehingga petani semakin bergairah dalam menaman komoditas itu.

"Kesemuanya itu dilakukan sebagai bentuk usaha meningkatkan produktivitas tanaman tersebut," kata dia.