Diknas imbau guru lengkapi syarat sertifikasi

id sertifikasi, sertifikasi guru

Diknas imbau guru lengkapi syarat sertifikasi

Banyak guru di Sumatera Selatan belum ikut sertifikasi (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan mengimbau seluruh guru yang belum terdaftar sertifikasi harus melengkapi syarat, karena penutupan pendaftaran berakhir 9 Februari 2015.

Kuota formasi sertifikasi guru di kota tersebut pada 2015 tercatat 335 orang, hingga saat ini baru belasan orang yang mendaftar, kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Agus Sugianto, Sabtu.

Ia mengharapkan, seluruh guru mulai dari yang mengajar di sekolah Taman Kanak-Kanak hingga SMA/SMK sederajat, untuk mengurus syarat tersebut, karena hingga 2015 masih banyak guru belum bersertifikasi.

Berdasarkan data hingga awal 2015 dari 3.259 orang guru yang ada di wilayah itu, tercatat 1.523 orang belum bersertifikasi dengan demikian akan diselesaikan secara bertahap.

Sedangkan guru sudah bersertifikasi sejak 2006 hingga 2014 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 1.600 orang dan non PNS tercatat 136 orang.

"Mengingat waktu pendaftaran hampir berkahir, maka kami mengimbau para guru cepat menyelesaikan syarat-syarat yang dibutuhkan," ujarnya.

Kasi Data dan Informasi Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau Tabrani mengatakan persyaratan sertifikasi 2015 lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan tahapan yang harus dilakukan lebih panjang, karena pola untuk mendapatkan sertifikasi sudah berubah, dengan demikian para guru harus sungguh-sungguh agar bisa lulus saat dilakukan seleksi.

Kalau tahun sebelumnya pola yang digunakan Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), tetapi sekarang digunakan pola Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGDJ).

"Perubahan pola itu membuat syarat adminitrasinya lebih ketat begitupun tahapan yang harus dilalui, tapi saya yakin para guru akan ramai-ramai melengkapi syarat itu saat pendaftaran berakhir 9 Februari 2015," ujarnya.