Selasa, 28 Februari 2017

Harimau Sumatera dari Seluma akan dievakuasi

id harimau, harimau sumatera
Harimau Sumatera dari Seluma akan dievakuasi
Harimau Sumatera (FOTO ANTARA)
Bengkulu (ANTARA Sumsel) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bengkulu (BKSDA) akan menangkap dan mengevakuasi seekor harimau Sumatera (Phantera tigris Sumatrae) dari wilayah perbatasan hutan Taman Buru Semidang Bukit Kabu di Kabupaten Seluma untuk mengantisipasi konflik dengan warga setempat.

"Setelah berdiskusi dengan kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Seluma diputuskan untuk mengevakuasi harimau itu," kata Kepala Wilayah II BKSDA Bengkulu, Darwis Saragih di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan pascapenyerangan harimau terhadap seorang warga Desa Talang Beringin hingga tewas, warga di wilayah itu masih resah dan khawatir atas ancaman harimau tersebut.

Tim beranggotakan enam orang untuk menanggulangi konflik satwa langka sudah diturunkan ke lokasi dan siap menangkap dan mengevakuasi harimau tersebut.

"Satu kerangkeng dari Kaur sudah dikirim ke Seluma untuk persiapan penangkapan dan evakuasi harimau," kata dia.

Darwis mengatakan lokasi kebun korban tersebut berada di perbatasan kawasan konservasi Taman Buru Kabu Semidang Bukit yang merupakan habitat harimau Sumatera .

Harimau tersebut diperkirakan turun ke kebun warga karena habitatnya terganggu dan makanan di kawasan hutan sudah menipis.

Ia mengatakan anggota tim "rescue" sudah terlebih dahulu bertemu dengan keluarga korban yang diserang harimau hingga tewas.

Penyerangan terhadap Lisman (53) yang merupakan petani karet tersebut terjadi pada Minggu (22/2) siang saat korban menyadap karet.

"Karena diperkirakan harimau masih berkeliaran di sekitar perkebunan warga maka perlu segera diamankan," kata dia menambahkan.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga