Kawasan wisata Goa Putri OKU ditutup sementara

id goa putri, kawasan wisata goa putri

Kawasan wisata Goa Putri OKU ditutup sementara

Kawasan wisata goa putri sementara ditutup untuk umum (Foto: antarasumsel.com/15/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kawasan objek wisata Gua Putri di Desa Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, ditutup sementara untuk umum pasca dilanda bajir bandang, sejak Sabtu (14/3).

"Pasca banjir kemarin kawasan objek wisata Goa Putri kita tutup sementara. Sampai kapan penutupan ini kita belum tahu," kata Kepala Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) Musium Sipahit Lidah Goa Putri, Riswan Dinata di Baturaja, Minggu.

Menurut Riswan, hal tersebut dilakukan mengingat akses jalan di area objek wisata Goa Putri kondisinya licin dan berlumpur dampak dari banjir.

Selain itu, juga diakwatirkan aliran kabel listrik penerangan di dalam goa belum dilakukan pemeriksaan oleh pihak PLN, sehingga belum terdeteksi tingkat keamanan untuk pengunjung.

"Kami masih menunggu hasil kerja analisa dari pihak PLN mengenai keamanan aliran listrik di dalam goa. Kita tidak mau ambil resiko, makanya kita tutup sementara. Jika analisa dari pihak PLN Gua Putri Aman untuk dimasuki, maka akan kita buka kembali untuk umum," kata Riswan.

Sementara, sebelumnya objek wisata alam Gua Putri, Sabtu (14/3), terlihat rusak dan berantakan akibat diterjang air banjir bandang.

Taman wisata alam yang dibangga-banggakan masyarakat Ogan Komering Ulu (OKU) itu diterjang banjir bandang pascahujan deras melanda kawasan Baturaja.

Tidak ada korban jiwa akibat meluapnya anak sungai ogan yang melintasi goa putri ini, namun wisata yang dulu terlihat indah dan menarik perhatian, kini porak-poranda dan memerlukan penataan kembali, kata Riswan.