Aset Pemkab OKU di Gua Putri kebanjiran

id goa putri, kawasan wisata goa putri

Aset Pemkab OKU di Gua Putri kebanjiran

Kawasan wisata gua putri dilanda banjir (Foto: antarasumsel.com/15/Edo Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Aset bernilai ratusan juta rupiah milik Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan di kawasan wisata Gua Putri kebanjiran akibat tingginya curah hujan di daerah itu beberapa hari terakhir ini.

Pantauan di lapangan, Selasa, pascaditerjang banjir bandang beberapa hari lalu, objek wisata alam Gua Putri di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji itu mengalami kerusakan parah.

Akibat peristiwa itu aset gua putri senilai ratusan juta rupiah lenyap diterjang banjir.

"Akibat banjir itu kita mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah," kata Kepala UPTD Museum Sipahit Lidah dan Gua Putri, Riswan Dinata di Baturaja, Selasa.

Kerusakan terparah terjadi pada lampu warna-warni untuk menerangi dan mempercantik suasana di dalam gua.

Selain itu, pagar pengaman pengunjung, instalasi listrik, taman, conblok, talut penahan arus air juga mengalami kerusakan.

"Tong sampah serta pot-pot kembang penghias taman ikut hanyut terbawa arus air," jelasnya.

Hanya saja kata dia, saat ini sebagian aliran listrik masih bisa berfungsi setelah dilakukan perbaikan oleh pihak pengelola, karena ada beberapa titik di ketinggian, lampu masih bisa berfungsi sehingga pengunjung sudah bisa memasuki dalam gua

"Rencana ke depan akan diusulkan untuk dibuat palang besi di hulu sungai Semuhun untuk menahan arus serta mencegah sampah sungai berbentuk potongan pohon-pohon yang tidak langsug masuk ke gua," katanya.