15 Ribu warga Muratara terima kartu sakti

id muratara, belasan ribu warga terima kartu sakti

15 Ribu warga Muratara terima kartu sakti

Logo Pemkab Musi Rawas Utara (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Musirawas Utara (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 15 ribu jiwa warga di Kabupaten Musirawas Utara Sumatera Selatan akan menerima kartu sakti, yakni kartu Indonesia Sehat, kartu Indonesia pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Ketiga program pemerintah itu sudah didata di tujuh kecamatan di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) dan menemukan calon penerimanya mencapai 15 ribu jiwa, kata koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Rupit Ardiyanto, Kamis.

"Kita sudah melakukan pencocokan data untuk calon penerima Kartu Indonesia Sehat(KIS) pada kartu sakti yang akan diluncurkan pemerintah pusat," katanya.

Ia mengatakan, dalam pencocokan data tersebut banyak menemukan kendala, sehingga proses pendataan jadi terlambat.

Apalagi tim TKSK mendata langsung melalui Kepala Desa dan Kepala Dusun yang data warganya belum akurat dan harus menunggu sampai betul-betul terdata seluruhnya.

Laporan tersebut akan disampaikan secara online melalui Pusat Data Input (Pusdatin), namun tetap dilengkapi dengan print out yang disampikan kepala daerah setempat.

Data akan berlaku selama program tersebut berjalan terhadap penerima Kartu Sakti itu, sedangkan data di tingkat kecamatan Rupit jumlahnya tetap sama dengan desa bervariasi, ujarnya.

Penjabat Bupati Musirawas Utara H Agus Yudiantoro melalui Kabag Humas Sunardin membenarkan tim TKSK sudah mendata tiga program pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

Ketiga Kartu tersebut, yakni Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sudah dicocokan dengan data yang ada dipemerintah daerah.

"Semuanya sudah selesai didata dan masyarakat menunggu realisasinya dari pusat, apa lagi kondisi ekonomi warga saat ini makin sulit," katanya.