Belasan sanggar tari ikut festival budaya

id tari, sanggar tari ikut festival budaya

Belasan sanggar tari ikut festival budaya

Sanggar (Foto Antara)

Samosir, Sumut (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 19 sanggar tari di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mengikuti Festival "Gondang Naposo" yang digelar pemerintah setempat, Sabtu dan Minggu, di Open Stage Pangururan.

"Festival ini sebagai event budaya spektakuler membuka rangkaian HSF (Horas Samosir Fiesta) tahun 2015," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kabupaten Samosir, Ombang Siboro di Samosir, Senin.

Gondang Naposo merupakan ritual etnis Batak yang diyakini sebagai media perkenalan dan tegur sapa, berbalas pantun antar pemuda dan pemudi sampai melangkah ke jenjang perkawinan.

Ombang berharap kegiatan ini mampu melestarikan dan mengembangkan nilai seni budaya khususnya pada generasi muda, menjadi sarana pertunjukan dan hiburan bagi wisatawan dan masyarakat.

Event ini, kata Ombang, ditetapkan menjadi kegiatan berkelanjutan setiap tahun dengan tuan rumah secara bergiliran dari sembilan kecamatan.

"Bapak Bupati (Mangindar Simbolon) berpesan kepada peserta untuk berkompetisi dengan cara sportif," kata Ombang.

Festival dimeriahkan dengan malam hiburan rakyat menampilkan Tongam Sirait, The Shine, Christoper Naibaho (Indonesia Junior Idol), Ocha (Mamamia), Siantar Rapp Foundation serta artis lokal Jajabi dan Santabee Band.